oleh

Bentuk Kemandirian Jamaah di Tanah Suci, Bima Tour and Travel Berikan Bimbingan Manasik Umroh

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pelaksanaan manasik umroh merupakan satu ikhtiar untuk membentuk kemandirian jamaah untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah di tanah suci, dengan itu Biro Bima Tour and Travel memberikan bimbingan Manasik Umroh di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jawa Tengah, Minggu (22/01/2023).

Narasumber Manasik Umroh, Abdul Alim Ibrahim menyampaikan, hari ini melakukan kegiatan manasik persiapan jamaah umroh nanti tanggal 28 Januari 2023 yang akan datang, jadi manasik hanya satu hari karena memang sudah cukup untuk ibadah umroh.

“Kalau haji banyak waktunya tapi kalau umroh cukup satu kali,” terangnya.

Ia menambahkan, karena kebetulan ada jamaah-jamaah yang sudah sepuh, ada juga yang tidak bisa membaca, nanti akan saya manasik sendiri, khususnya jamaah saya rencananya akan saya briefing sendiri.

“Nanti akan diberikan miniatur Ka’bah juga, rencananya begitu untuk yang jama’ah saya sendiri yang daftarnya dari saya,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan umroh syarat yang pertama adalah fisik, karena harus betul-betul prima karena waktu 12 hari dan 10 hari di sana itu melelahkan karena tidak hanya ibadah saja tapi juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan tempatnya satu sama lain cukup jauh, selain itu pengetahuan terkait dengan syarat, rukun dan wajibnya ibadah mestinya wajib.

“Untuk usia dalam rombongan kali ini paling tua kurang lebih berusaha 65 sampai 70 tahun karena mengingat fisik juga dan untuk saat ini yang mengikuti umroh tidak hanya dari Blora di antaranya dari Palembang satu, Porwodadi satu dan Wirosari,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Bima Tour and Travel, Muhammad Nur Solikhin mengungkapkan, yang akan kita berangkat sekitar 48 jamaah, semoga saja manasik ini berjalan dengan baik, lancar dan kepentingan teknis sampai berangkat dan pulang lagi berjalan dengan baik.

“Kita perwakilan dari Blora membuka budgeting untuk pemberangkatan umroh 12 hari di Jedah dari Surabaya 30 juta 500 ribu rupiah itu juga sudah input, sudah paspor sudah kita tanggung, manasik, handling semua muthowif sudah kita tanggung, karena sekarang sudah tidak ada suntik meningitis jadi kita kosongkan,” ucap Kaji Solik sapaan akrabnya.

Kaji Solik menambahkan, untuk masyarakat yang ingin menjadi tamu Allah, fasilitas akan diberikan untuk kenyamanan, keamanan dan ketenangan.

“Selain itu kita punya budgeting yang sangat murah, kita berusaha membantu masyarakat untuk umroh. Jadi kita membuka saudara-saudara kita yang ingin bergabung ikut silahkan ke Jl. Sumodarsono Gang Mangga, tepatnya depan SMP Plus Insan Gemilang yang punyanya Bu Elizabeth, temen-temen yang mau bergabung bisa datang ke kami, akan kami fasilitasi sampai tuntas,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, uang muka untuk bergabung sebesar 5 juta untuk visa dan booking tiket pesawat.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed