oleh

Rumah di Mlangsen Ambruk Akibat Tanah Longsor

BLORA, KAPERNEWS.COM – Rumah milik warga ambruk akibat tanah longsor, sementara dua rumah lainnya kini juga terancam longsor, rumah tersebut berada di Gang Mangga, Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Ini yang perlu penanganan adalah mengenai bencananya, tadi ada pak lurah, Babinsa kita rembuk warga di kantor kelurahan Mlangsen mengundang DPUPR, Dinrum, dari kecamatan, BPBD, RT, RW, Karangtaruna dan orang yang termasuk kena bencana kita undang semua,” terang Siswanto.

Dirinya menambahkan, kejadian ada di dua lokasi yaitu di Gang Jambu dan Gang Mangga.

“Untuk Gang Jambu sudah teranggarkan melalui APBD tahun 2023 yang sudah disahkan oleh Bupati Blora dan DPRD, jadi nanti segera ditangani. Sekarang sudah proses perencanaan nanti segera dilelang, segera dibangun perkiraan bulan Mei bisa clear permanen dengan nilai 1,4 milyar,” ujarnya.

“Tinggal mikir yang di Gang Mangga karena sungai wilayahnya BBWS jadi kita usulkan ke kantornya Semarang kita proses disana bersama DPUPR, sedangkan untuk penanganan darurat nya tadi bersama-bersama berembuk di DPU ada bahan-bahan material, untuk bronjongnya, dolkennya dan sak nya ada,” tambahnya.

Lebih lanjut, disepakati untuk tenaga kerjanya dari DPRD menurunkan tim relawan, dari TNI, BPBD, masyarakat kerja bakti gotong royong tenaganya.

“Untuk batunya nanti akan iuran bersama-bersama Sesarengan Mbangun longsoran Mlangsen sesuai Visi Misi Bupati Blora dari DPRD dapil I dan provinsi akan iuran termasuk warga setempat juga iuran bergerak bersama-sama, karena ini kepentingan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, pemilik rumah yang ambruk Widhi Arisunan mengungkapkan, kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka.

“Bahwa longsor terjadi pertama kali pada awal Desember 2022 lalu. Tanah yang berada di belakang rumahnya itu tergerus pelan-pelan. Namun karena semakin parah, pihaknya lalu memindahkan barang-barang yang ada di rumah untuk diselamatkan,” ungkapnya.

Widhi menambahkan, terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu musibah yang telah terjadi, khususnya Pemkab, DPRD, BPBD, PUPR, masyarakat Mlangsen dan semua yang terlibat.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed