oleh

Bupati Serahkan Bantuan Pangan untuk 225 KPM di Desa Bicak Todanan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada Selasa siang (18/4/2023) bersilaturahmi ke Desa Bicak, Kecamatan Todanan. Desa pinggiran tepi hutan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pati.

Kehadiran Bupati yang didampingi Bulog, Dinas Pangan Pertanian Perkebunan dan Perikanan, serta Baznas, dan Forkopimcam ini, untuk menyerahkan bantuan pangan berupa beras cadangan pangan pemerintah yang disalurkan melalui Bulog. Bersamaan dengan penyaluran bantuan Baznas berupa sembako dan bantuan untuk takmir Masjid Al Taqwa Bicak.

Bantuan pangan berupa beras dari Bulog diserahkan Bupati kepada 225 Keluarga Penerima Manfaat yang datanya masuk keluarga kurang mampu. Sedangkan 20 paket sembako dari Baznas diserahkan untuk para duafa.

Dalam sambutannya, Bupati menerangkan bahwa penyerahan bantuan pangan tahun 2023 ini sesuai arahan Bapak Presiden. Agar beras cadangan pangan pemerintah yang ada di Bulog bisa disalurkan untuk masyarakat kurang mampu sebelum Lebaran.

“Pada Jumat lalu penyaluran bantuan pangan berupa beras dari Bulog ini telah kami launching di gudang Bulog Jepon. Sehingga sekarang saya ingin melihat langsung penyerahannya ke masyarakat, saya sengaja pilih Desa Bicak ini sekaligus untuk meninjau pembangunan infrastruktur yang ada di Bicak,” ucap Bupati.

Pihaknya mengatakan bahwa Jumat lalu Pemkab Blora mulai menyalurkan bantuan pangan sebanyak 929 Ton ke seluruh wilayah Kabupaten Blora. Dimana untuk Desa Bicak dilaksanakan hari ini.

“Semoga bantuannya bermanfaat untuk masyarakat yang kekurangan, utamanya dalam menyambut Lebaran ini nanti. Begitu juga untuk takmir Masjid At Taqwa bantuannya bisa untuk memperbaiki sarana prasarana ibadah yang masih kurang,” ujar Bupati Arief.

Pembangunan Jalan

Bupati lantas menyinggung pembangunan jalan Kabupaten yang menjadi akses masuk ke Desa Bicak dari arah Selatan yang baru saja ia lewati.

“Tadi saya lewat dari Ketileng, alhamdulillah sudah selesai dibeton jalannya hingga tanjakan. Tinggal yang rusak mendekati masuk desa. Sabar nggih, tahun 2023 ini sepertinya ada kelanjutannya, semoga bisa kita tuntaskan tahun depan. Bicak ini punya potensi wisata alam dan kebun buah jika dikembangkan dengan baik. Maka infrastrukturnya akan terus kita dorong secara bertahap,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kades Bicak, Winto, mewakili seluruh masyarakat Bicak, mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan jajaran yang telah bersedia jauh- jauh ke Bicak untuk menyerahkan bantuan.

“Desa kami ini desa kecil, dalam artian warganya tidak banyak. Jumlah KK nya hanya sekitar 500 an. Karena tanah disini berbatu, sehingga tidak bisa untuk tanam padi. Hanya kebun jagung dan buah. Kebanyakan warganya merantau ke Sumatra dan Kalimantan. Maturnuwun Pak Bupati atas perhatiannya untuk desa kami,” ucap Winto.

Pihaknya berharap ke depan pembangunaninfrastruktur jalan Kabupaten ruas Kacangan – Bicak bisa dituntaskan agar akses menuju desanya semakin baik. Dirinya siap untuk kembali mengembangkan potensi desanya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *