oleh

HPSN 2023, Bupati Arief Resmikan TPS3R di Tambahrejo

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Bupati Blora H Arief Rohman, S.IP., M.Si meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Sami Kagem dan Bank Sampah Arto Moro dengan tema tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat yang berlokasi di wilayah Kelurahan Tambahrejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (21/02/2023).

Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutannya menyampaikan, bersyukur siang hari ini bisa hadir di Kelurahan Tambahrejo dalam rangka untuk peresmian TPS3R.

“Alhamdulillah, semoga ini bisa untuk percontohan pengelolaan sampah di Kecamatan Kota Blora. Saya yakin nanti kalau ini berhasil akan mengurangi problem sampah yang ada di Kecamatan Kota Blora khususnya Tambahrejo,” jelasnya.

Bupati Blora menambahkan, untuk kelurahan-kelurahan yang lain di sekitarnya bisa memanfaatkannya.

“Biar mengurangi beban sampah yang ada di TPA. Kalau ini berhasil nanti kita laporkan ke Pak Menteri untuk nantinya kelurahan yang lain kita ajukan. Ini menjadi solusi untuk penanganan sampah yang ada di Kabupaten Blora ke depan semoga nanti kita masukkan timnya udah ke sini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Istadi Rusmanto menyampaikan, inovasi-inovasi dari DLH dengan program tiap Desa dan Kelurahan harus ada bank sampah.

“Nanti kita kolaborasi dengan Dinas PMD dan pemerintahan desa serta kelurahan, kita lakukan edukasi pada masyarakat, kita gerakkan bersama PKK yang ada di desa dan kelurahan. Dalam program pengelolaan ini DLH siap untuk mendampingi sehingga sampah bisa tertangani di hulunya,” paparnya.

Istadi melanjutkan, pihaknya tidak pantang menyerah berkaitan dengan pengelolaan sampah.

“Karena ini merupakan kegiatan yang murni dan mulia. Harapan kami kepada masyarakat harus bisa memilah dan peduli dengan pengelolaan sampah, karena bila sampah kita biarkan saja akibatnya bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan membawa penyakit dan yang lainnya,” pungkasnya.

Peresmian TPS3R Sami Kagem dan Bank Sampah Arto Moro dihadiri oleh TP2D Kabupaten Blora, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora, Inspektur Daerah Kabupaten Blora, Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blora, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blora, BAPPEDA Kabupaten Blora, BPPKAD Kabupaten Blora, Camat Blora, Kapolsek Blora, Danramil Blora, TP PKK, Lembaga Konservasi Lingkungan Hijau Blora Indonesia, Yayasan Pamor Kuwat, Bank Sampah Induk (BSI) Berkah Mustika Poring, Sanggar Seni Tari Sekar Melati, Kelompok Seni Barong Desa Tambahrejo.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed