oleh

Dibagi Paket Sembako, Ratusan Petugas Parkir Tepi Jalan di Blora Diminta Ramah Kepada Pemudik

BLORA, KAPERNEWS.COM – Hal kecil namun penting tak luput dari perhatian Bupati Blora, H. Arief Rohman SIP, M.Si, dalam rangka menciptakan kenyamanan warga dan pemudik saat merayakan lebaran di Blora.

Salah satunya, Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu undang ratusan petugas parkir tepi jalan yang selama ini bekerja di wilayah Blora Kota dan Kecamatan Jepon, di pendopo rumah dinas, Selasa (18/4/2023).

Dikemas dengan acara Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Parkir Tepi Jalan Umum, di sela-sela membagi sembako kepada mereka, Bupati menghimbau kepada ratusan petugas parkir pinggir jalan itu untuk bersikap ramah kepada warga dan pemudik saat lebaran nanti.

“Terima kasih kepada panjenengan yang sudah memberikan dedikasinya sehingga bisa membantu Pemkab Blora dalam rangka meningkatkan PAD. Tetap semangat dalam melayani masyarakat,” ungkap Bupati Arief.

Orang nomor satu di Blora itu berpesan kepada para petugas parkir harus ramah dan murah senyum dalam melayani masyarakat yang hendak parkir. Termasuk jelang lebaran saat ini, ini dimana sejumlah tempat akan ramai dikunjungi.

“Saya berpesan karena panjenengan setiap hari bertemu melayani masyarakat yang datang untuk parkir. Tolong dilayani dengan ramah, dengan senyum supaya jadi sedekah. Parkirnya diatur dengan rapi, semoga nanti bisa mendapat rezeki yang banyak,” pesan Bupati

Keramahan petugas parkir ini penting, tambah Bupati, yakni untuk memberikan kesan positif bagi masyarakat maupun para pemudik terhadap Blora.

“Saat ini musim mudik, saudara-saudara kita yang pulang ke Blora agar bisa nyaman disini, kita harus bisa menunjukkan bahwa para petugas parkir di Blora itu ramah-ramah,” paparnya.

Bupati arief minta kegiatan pengarahan kepada para petugas parkir dapat dilakukan kepada para petugas parkir yang ada di kecamatan-kecamatan lainnya.

“Kami berharap nantinya selain kecamatan Blora dan Jepon, kecamatan Cepu dan lainnya kita kumpulkan dan penataan di kecamatan-kecamatan.”

Sementara itu, di acara itu, Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora, Drs. Pitoyo Trusingtyas, menargetkan pada tahun 2023 ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir bisa mengalami peningkatan.

Dia berharap, di 2023 ini target perolehan PAD dari sektor retribusi parkir bisa capai 1 miliar, bahkan lebih. Target tersebut meningkat, bila dibandingkan tahun 2022 dimana target perolehan dari retribusi 550 juta rupiah.

“Untuk pengelolaan tahun 2023 Alhamdulillah kenaikannya signifikan. Pada bulan Januari 2023 untuk pemasukan retribusi tepi parkir di jalan umum sudah sekitar Rp 96 juta. Kemudian bulan Februari sekitar Rp 95 juta dan bulan Maret mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp 97 juta. Sehingga total 3 bulan ini sudah mencapai sekitar Rp 289 juta.

Dengan capaian itu, diharapkan satu tahun nanti, yakni di tahun 2023 ini, untuk pendapatan asli daerah khususnya retribusi parkir bisa minimal Rp 1 Miliar lebih.

Dijelaskannya, bahwa untuk parkir tepi jalan umum di Blora sebelum tahun 2023 dilaksanakan dengan pihak ketiga, namun mulai tahun 2023 ini berbeda.

Disampaikan pula oleh Drs. Pitoyo, saat ini setidaknya ada 370 petugas parkir yang ada di Kabupaten Blora dan tersebar di 16 kecamatan. “Kita akan melaksanakan dengan cara penunjukan kepada para petugas parkir sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Blora dalam rangka melaksanakan pemungutan retribusi parkir di tepi jalan,” bebernya.

Untuk itu diharapkan, tumbuhnya kesadaran para petugas parkir untuk bersama-sama mensukseskan program ini, dengan menyetorkan hasil retribusi kepada petugas yang telah ditunjuk.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *