oleh

Peringati Hari Sungai Nasional, 1 Ton Lebih Sampah Rumah Tangga Diangkat Dari Grojogan Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Memperingati Hari Sungai Nasional 2023 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah di pintu trashrack (pintu penangkap sampah) sungai Grojogan Blora, Jawa Tengah, Kamis (27/7/2023).

Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Blora, Surat

Dinas PUPR Blora, Samgautama Karnajaya melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Surat menyampaikan, dari hasil pemantauannya di pintu trashrack, sampai saat ini masih menemui kesadaran masyarakat sekitar bantaran kali Grojogan ini yang belum bisa mengelola sampah dengan baik.

“Jadinya masih banyak sampah yang menumpuk di pintu trashrack ini, karena kiriman dari daerah hulu, sepanjang Temurejo, Karangjati, kelurahan Tempelan dan Tegalgunung,” terangnya.

Surat menjelaskan bahwa jumlah sampah yang dinaikkan pada giat bersih sungai hari ini lebih dari satu ton.

“Iya, itu dari berbagai jenis sampah rumah tangga, seperti plastik, sisa rumah tangga, pampers, potong-potongan kayu, kasur dan masih banyak jenis sampah lainnya,” tambahnya.

Surat mengatakan dengan momen memperingati Hari Sungai Nasional yang jatuh hari ini, pihaknya mengajak seluruh masyarakat yang ada di sekitar bantaran saluran, drainase, sungai, kali supaya sadar untuk membuang sampah tidak di aliran-aliran drainase, sungai ataupun kali.

“Karena dengan tema “Satu Sungai Beribu-ribu Kebaikan” dalam rangka mewujudkan sungai yang bersih dan sehat untuk alam dan juga untuk manusia,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Operasional Air Sungai, Jandik memaparkan, agar masyarakat jangan membuang sampah di sembarang tempat, karena yang mendapat dampaknya adalah Dinas PU sebagai sorotan orang banyak.

“Untuk warga Blora yang berada lingkungan kali Grojogan mohon minta perhatiannya untuk ikut serta menjaga kebersihan dan memelihara kelestarian lingkungan di kali Grojogan,” ucapnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed