oleh

Spektakuler, Festival Blora Berkebaya 2023 Meriah Diikuti Ribuan Peserta

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dindagkop UKM, Dinas Pendidikan dan Dekranasda Kabupaten Blora menggelar Festival Blora Berkebaya 2023 dan Tari Kolosal, Senin (4/12/2023) kemarin.

Acara berlangsung meriah dan terbilang spektakuler tersebut dilaksanakan di sepanjang jalan Pemuda Blora. Tercatat sedikitnya diikuti 2.500 pendidik PAUD se–Blora dan peserta lainnya.

Festival Blora Berkebaya 2023 dibuka oleh Ketua Dekranasda sekaligus TP PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI. Diawali dengan tari kolosal berupa senam Pelajar Pancasila dan Tari Samapta Luding yang dibawakan oleh pendidik PAUD se-Kabupaten Blora, selanjutnya dilakukan festival berkebaya yang diikuti ribuan peserta.

Diikuti oleh ribuan peserta

Karnaval dilakukan dengan berjalan kaki sejauh kurang-lebih 465 meter dari mulai perempatan Grojogan hingga Alun-alun Kota Blora menggunakan kebaya.

Tampak Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, para istri Forkompimda dan OPD, pengurus PKK Kabupaten Blora, DWP Kabupaten Blora, PKK Kecamatan dan Desa, Ibu-ibu Persit, Ibu-ibu Bhayangkari, Fatayat, Muslimat, para guru SD, SMP, ibu-ibu organisasi wanita dan perwakilan dari 16 kecamatan yang ada di wilayah Blora.

Bupati Blora, H. Arief Rohman menyampaikan apresiasi kepada Dindagkop UKM Kabupaten Blora, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Dekranasda Kabupaten Blora dan seluruh pihak yang terlibat, termasuk para peserta yang tergabung dalam rangkaian Festival Blora Berkebaya 2023 tersebut.

“Maturnuwun kepada para pendidik PAUD se-Kabupaten Blora yang telah berkontribusi menyajikan tari kolosal berupa senam Pelajar Pancasila dan Tari Samapta Luding. Sungguh luar biasa. Apresiasi kepada panjenengan yang telah menyisihkan waktu untuk berlatih demi suksesnya acara ini di luar waktu mendidik putra putri kami,” tutur Bupati Arief.

Dikemukakan, kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja.

Untuk itu, Blora Berkebaya ini menjadi salah satu ajang yang baik bagi para desainer lokal untuk menghasilkan karya dan kreasi baru. Melalui giat ini diharapkan dapat menimbulkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan kebaya di setiap kesempatan dengan rasa bangga.

“Semoga dengan adanya festival ini pula para desainer lokal semakin bersemangat dalam berkarya dan masyarakat semakin bangga memakai karya dan produk lokal,” imbuh Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu.

Anggraeni, salah satu warga Blora yang menyaksikan langsung acara itu, mengaku terhibur dengan tari kolosal dan festival berkebaya tersebut. Menurutnya, dengan festival kebaya Blora itu sebagai bentuk uri-uri budaya peninggalan orang terdahulu.

“Bagus dan menarik, acara ini sekaligus untuk mengingatkan para generasi muda sekarang akan kecintaan kaum milenial pada budaya Indonesia, termasuk budaya memakai kebaya,” papar Anggraeni.

Dalam rangka Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora dan menyambut Hari Ibu 2023, ibu-ibu Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora turut serta menjadi model Festival Blora Berkebaya 2023 bersama ribuan peserta lainnnya, Blora, Jawa Tengah, Senin (04/12/2023).

Acara ditutup dengan Temu Manten Adat Blora, semacam demo rias pengantin khas Blora dari Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kabupaten Blora kerjasama dengan Komunitas Permadani.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed