oleh

Peringati World Rabies Day 2023, DP4 Blora Giat Vaksinasi Gratis

BLORA, KAPERNEWS.COM – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Jateng dan Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Blora menyelenggarakan Vaksinasi Rabies Gratis Blora World Rabies Day yang dilaksanakan di Puskeswan Kamolan Blora, Jawa Tengah, Sabtu (7/10/2023).

drh. Rasmiyana menyampaikan, bahwa Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Tengah V Kabupaten Blora bekerjasama dengan DP4 menyelenggarakan kegiatan Blora world Rabies Day dalam rangka mendukung program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Yang mencanangkan pada hari ini adalah kegiatan pemecahan Rekor MURI Vaksinasi Rabies serentak terbanyak se-Indonesia dalam rangka memperingati Hari Rabies Dunia tahun 2023,” kata Rasmianna di Puskeswan Blora yang bertempat di jalan Blora – Randublatung KM 3 Kamolan Blora, Sabtu (7/10/2023).

Disampaikannya, bahwa penyelenggarakan vaksinasi rabies secara gratis kurang lebih 100 dosis.

“Dari hewan penular rabies baik itu kriteria anjing, kucing ataupun kera yang di pelihara oleh masyarakat,” terangnya.

Lanjut Rasmiyana, kuota yang diberikan terbatas kurang lebih 100 dosis.

“Dari beberapa publikasi yang kita sampaikan ke masyarakat sebelumnya sudah terserap atau mendaftar ke kita dan hari ini tinggal melayani masyarakat yang sudah mendaftar,” ujarnya.

Dijelaskan Rasmiyana, untuk penyakit rabies di lingkup Provinsi Jateng dan khususnya Blora sampai saat ini masih berstatus bebas dari rabies.

“Jadi kegiatan ini merupakan salah satu langkah pencegahan, jangan sampai penyakit rabies ini menular di Jawa Tengah, mengingat kita juga perbatasan dengan Jawa Barat yang notabenenya sudah berstatus terkonfirmasi kasus,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, DP4 tugasnya salah satunya adalah penanganan penyakit hewan strategis mulai dari anthraks, Brucellosis, salah satunya juga rabies.

“Untuk hari ini memang untuk rabies, world rabies day, jadi kita usahakan walaupun kita masih bebas pencegahan lebih murah dan lebih baik. Sehingga kita usahakan untuk vaksinasi kepada hewan-hewan masyarakat yang rentan rabies antarnya anjing, kucing, kera,” ujarnya.

Program ini berupa penyediaan vaksin, bekerjasama dengan PDAI

“Karena yang bekerja tidak hanya dokter hewan dinas saja, tapi juga dokter hewan praktek, karena di luar sudah mulai banyak, semua kita himpun kegiatannya bareng bersamaan di Puskeswan Blora, jadi untuk masyarakat vaksinasi rabies hari ini gratis,” lanjutnya.

“Kami berharap masyarakat terutama di Kabupaten Blora juga sadar kemudian berpartisipasi ataupun peduli terhadap hewan kesayangannya, yang di pelihara juga dilakukan vaksinasi rabies secara rutin setiap tahun.

Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi hewan kesayangan dari penyakit rabies dan untuk mencegah masuknya penyakit rabies di Blora terutamanya,” harapnya.

Sementara itu, Pecinta Hewan dari Kelurahan Bangkle, Suci Intan Nurjanah memaparkan, mendapatkan informasi dari klinik dan untuk kegiatan hari ini sangat menguntungkan terutama yang punya kucing kesayangan.

“Banyak sekali membantu dan semoga program bagus ini ke depannya terus berjalan, jadi agak memudahkan yang lainnya juga yang mempunyai hewan peliharaan,” pungkasnya.

(Sahid Simon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed