oleh

Pemkab Garut Ajak Pengurus MES Garut Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital

GARUT, KAPERNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Garut menyambut baik pelantikan Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Garut Periode 2023-2026. Acara berlangsung di Aula Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut pada Kamis(30/11/2023.

Staf ahli Bupati Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Muksin, menyoroti peran teknologi digital yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir telah membawa perubahan yang besar dalam hampir semua aspek kehidupan, salah satu dampak yang paling signifikan adalah pada sektor ekonomi.

“Sebagai pengurus baru Masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Garut, kita tidak dapat mengabaikan perkembangan ini. Sebaliknya, kita harus melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan dan memperkuat ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat kita,” ucap Muksin.

Muksin menekankan bahwa ekonomi digital dan ekonomi syariah bukanlah dua hal yang saling bertentangan, keduanya bisa bersinergi, memperkuat perekonomian lokal dengan prinsip keadilan dan transparansi.

“Dalam ekonomi syariah, prinsip keadilan, transparansi, dan ketentuan hukum Islam menjadi landasan utama. Begitu juga dalam ekonomi digital, prinsip-prinsip ini sangat penting untuk memastikan transaksi yang adil, keamanan dan privasi data, serta perlindungan konsumen,” katanya.

Dalam konteks ini, Muksin mengajak MES untuk mengedukasi masyarakat tentang potensi ekonomi syariah dalam konteks ekonomi digital. Workshop, seminar, dan program pendidikan dianggap sebagai langkah penting untuk meningkatkan pemahaman.

“Masyarakat harus menyadari bahwa ekonomi syariah dapat memberikan solusi yang bermanfaat dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam pasar digital,” ungkapnya.

Meskipun menyadari tugas yang tidak mudah, Muksin yakin kerja sama, dedikasi, dan tekad kuat pengurus MES akan menghadapi tantangan, sehingga dapat mencapai hasil yang membanggakan.

“Mari kita bersama-sama memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk menjadikan Kabupaten Garut sebagai pusat ekonomi syariah yang berkembang dan berkelanjutan,” lanjutnya.

Ia juga mengajak seluruh anggota MES Kabupaten Garut untuk berpartisipasi penuh dalam kegiatan dan program yang akan dilaksanakan.

“Satu langkah kecil dan berkualitas dari setiap anggota akan memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan ekonomi syariah Kabupaten Garut,” ucapnya.

Ketua Umum PD MES Kabupaten Garut, Soviyan Munawar, menyatakan harapannya terhadap dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, perbankan, dan lembaga perguruan tinggi, untuk mewujudkan ekonomi syariah di Kabupaten Garut.

“Baik itu pemerintah, perbankan, dan juga lembaga-lembaga yang lain termasuk juga lembaga perguruan tinggi sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan,” ucapnya. (Suradi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed