oleh

Melalui Gelaran Festival Investasi, Blora Yakinkan Sangat Terbuka Sambut Investasi

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pemkab Blora, melalui Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar Festival Layanan Investasi, di GOR Mustika selama dua hari (6-7 Juni 2023).

Melalui gelaran Festival Layanan Investasi yang merupakan rangkaian HUT MPP Blora yang ke-2, Pemkab setempat meyakinkan kepada banyak pihak, bahwa Blora terbuka untuk menyambut investasi.

Bentuknya, dengan melakukan berbagai upaya, seperti menciptakan iklim usaha yang kondusif, memberikan pelayanan prima hingga kemudahan perizinan akan terus dilakukan.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M,Si, yang hadir dalam pembukaan, Selasa (6/6/2023), menggarisbawahi bahwa untuk menarik investasi ke Blora, harus diawali dengan memberikan pelayanan yang baik.

“Untuk menarik investasi harus diawali dari pelayanan kita, baik dari sisi perizinan maupun kemudahan berusaha harus diberikan. Dengan demikian investor bisa tertarik untuk datang ke Blora,” ungkap Bupati Arief.

Sejalan dengan arahan Presiden agar daerah bisa membuka peluang investasi, lanjut Bupati, dengan diselenggarakannya festival investasi pihaknya berharap agar bisa menjadi salah satu upaya untuk menarik investasi agar hadir di Blora.

Dalam festival, sebanyak 31 gerai layanan, mulai dari layanan perizinan MPP, layanan OPD Pemkab Blora, instansi vertikal, lembaga BUMD dan BUMN, siap memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun kepada investor, mulai dari tanggal 6 s.d 7 Juni 2022.

“Investasi merupakan salah satu yang dimandatkan kepada daerah. Untuk itu , kita membuka peluang, seperti ditekankan Presiden untuk daerah melakukan sinergi, inovasi dalam pelayanan, sehingga investor bisa menanamkan modalnya, khususnya di Blora ini,” terang Bupati

Dengan hadirnya investasi di Blora, lanjut Bupati, nantinya akan memberikan banyak lapangan pekerjaan, sehingga bisa menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Blora. Dengan demikian perekonomian masyarakat maupun daerah bisa tumbuh.

“Kalau investor datang, juga akan terjadi penyerapan tenaga kerja, oleh karena itu festival investasi dirangkai dengan jobfair. Sehingga perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan bisa memanfaatkan momen ini,” tambahnya

Bersamaan dengan HUT ke 2 Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora, Bupati ingin agar mal pelayanan tersebut bisa terus melakukan inovasi dalam menghadirkan pelayanan yang terbaik.

“Saya juga mengucapkan selamat ulang tahun MPP yang kedua. Alhamdulillah MPP kita sudah dirawuhi Pak Menteri dan kita harap kita bisa terus melakukan inovasi. Kita harapkan dengan adanya MPP bisa memudahkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Kenalkan Potensi

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Blora, Bondan Arsyianti menuturkan, tujuan diselenggarakan festival investasi adalah sebagai salah satu upaya untuk melaksanakan kegiatan pengembangan penanaman modal di Kabupaten Blora. Bahkan setelah kegiatan ini, akan dilanjutkan dengan bisnis gathering.

“Melalui festival, akan memberi kemudahan perizinan, baik perizinan berusaha maupun non berusaha bagi para pelaku usaha. Ke depan kami agendakan kegiatan untuk bisnis gathering dengan tujuan memperkenalkan potensi investasi di Kabupaten Blora. Dengan cara itu ke depannya bisa mampu membuka peluang usaha di bidang penanaman modal,” paparnya kepada Kapernews.com, Selasa (6/6/2023).

Ada banyak manfaat dengan hadirnya investasi, terang Bondan, salah satunya investasi bisa menggerakkan roda perekonomian sekaligus menyerap tenaga kerja. Untuk itu, bersamaan dengan festival, juga diselenggarakan bursa kerja dengan tujuan memfasilitasi dan mempertemukan antara pencari kerja secara langsung. Adapun bursa kerja diikuti sebanyak 25 perusahaan nasional dan multinasional.

Begitu dibuka, tampak, di area GOR Mustika banyak stand-stand pelayanan, mulai dari layanan perizinan PTSP yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha maupun masyarakat, hingga layanan pendaftaran e-katalog lokal bagi para pelaku UMKM, pelayanan pertanahan dari ATR/BPN, instansi vertikal, pelayanan Imigrasi, perbankan, BUMN, BUMD, layanan perangkat daerah, hingga pelayanan Dukcapil, dan masih banyak lainnya.

Selain pelayanan MPP dan bursa kerja, di area GOR Mustika juga disediakan gerai vaksinasi gratis bagi masyarakat Blora. Bahkan gerai tersebut nampak dipadati masyarakat yang antusias untuk mengikuti vaksinasi.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed