oleh

HPSN 2023, Apel Bersama dan Kerja Bakti dengan tema Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 yang jatuh setiap tanggal 21 Februari lalu, diadakan Apel Bersama dan kerja bakti dengan tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat” yang dilaksanakan di SDN 1 Jetis Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum’at (03/03/2023).

Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi memaparkan, bahwa tahun Kabupaten mendapat Adipura atas predikat Kota Kecil Terbersih Tahun 2022.

“Ini sudah luar biasa menurut kami karena sudah lama kita nanti-nantikan di era Bupati Blora Arief Rohman dan wakil Bupati Blora Tri Yuli Setiyowati,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi dalam sambutan selaku pembina upacara.

Menurutnya, kerjasama dari seluruh unsur PNS, ASN, OPD Dinas dan sebagainya harus memberikan contoh pada masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Masyarakat kita gerakkan untuk bersama-sama memiliki komitmen bersama, sehingga sampah itu perlu ditata dan dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan masalah baik hari ini maupun kemudian hari,” jelasnya.

Komang menambahkan, bahwa selaku OPD teknis, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mempunyai kinerja yang cukup baik.

“Cukup bagus, walaupun disana sini masih perlu diperbaiki, dan saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Blora yang telah mendapatkan Adipura,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menandaskan, karena Blora kembali mendapatkan Adipura dimohon semua pihak bisa mempertahankannya.

“Jadi jangan karena kemarin mendapatkan Adipura kemudian pengelolaan sampah, kebersihan lingkungan dan lain sebagainya lalu diabaikan.

Terakhir Blora mendapatkan Adipura tahun 1992, 1993, 2016 dan setelah sekian lama Blora tahun 2022 mendapatkan Adipura kembali,” tambahnya.

Komang menambahkan, DLH Kabupaten Blora selakul leading sektornya kemudian diikuti oleh dinas-dinas yang lain dan masyarakat harus ikut memberikan sosialisasi terutama masyarakat yang bermukim sekitar bantaran sungai dan sebagainya berikan sosialisasi agar mereka tidak buang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Istadi Rusmanto menyampaikan, rangkaian HPSN 2023 dirangkaian untuk apel pagi.

“Dilakukan penanganan pohon, kerjabakti sepanjang jalan Maluku. Acara hari ini untuk menggugah kesadaran semua elemen masyarakat terkait dengan kepedulian sampah, sehingga sampah bisa tertangani dengan baik tidak berserakan dan kota Blora bisa bersih, asri, dan sehat.

“Sehingga Adipura bisa kita peroleh III kali dan bisa mendapatkan Adipura kencana oleh karena itu kita harus optimis untuk mewujudkan Blora bersih sampah,” ucapnya

Lanjutnya, terkait dengan kesadaran masyarakat ajan bentuk bank sampah di semua desa-desa dan kelurahan.

“Di dalam bank sampah itu kita lakukan pembinaan untuk masyarakat sehingga sampah bisa tertangani dan kita jangan pantang menyerah, tetap semangat demi Blora bersih dari sampah,” tegasnya.

“Dengan adanya Perda terkait Pengelolaan Sampah nanti kita lakukan pendekatan, kita sentuh hatinya sehingga masyarakat diharapkan sadar betapa pentingnya menangani sampah dan ikut mewujudkan Kabupaten Blora yang bersih,” tuturnya.

Tahun ini untuk Adipura ada 4 kategori yaitu Adipura Kencana, Adipura, Adipura sertifikat dan plakat dan Blora mendapatkan kategori yang kedua yang itu Adipura sebagai Kota Kecil Terbersih.

“Kita harus tetap semangat, kita pertahankan sampai tiga kali sehingga bisa memperoleh Adipura Kencana. Kita harus tetep semangat, kita gelorakan, beri motivasi masyarakat dan lakukan pendampingan serta optimis,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed