oleh

Desa Kertawangi Didaulat Jadi Desa Terbaik se-Bandung Barat

BANDUNG BARAT, KAPERNEWS – Yanto Bin Surya atau akrab disapa Steve Ewon Kepala Desa Kertawangi menerima uang pembinaan sebesar 25 Juta dari Pemerintah Bandung Barat, yang langsung diserahkan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Uang pembinaan tersebut didapat setelah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua dinobatkan menjadi desa terbaik tingkat Kabupaten Bandung Barat Tahun 2023 saat puncak peringatan HUT Kabupaten Bandung Barat ke 16.

“Selamat dan sukses kepada Desa Kertawangi yang telah menjadi Desa terbaik tingkat Kabupaten, semoga bisa terus menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi maupun Nasional,” ujar Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan dalam sambutannya, Senin (16/06).

Terpisah, Kepala Desa Kertawangi, Steve Ewon, mengungkapkan jika dirinya mempunyai tiga program inovasi desa yang digagas dan sudah berjalan saat dirinya memimpin Desa Kertawangi periode 2019-2025.

“Hari ini Alhamdulillah kami masyarakat desa Kertawangi berhasil menjadi yang terbaik di Kabupaten Bandung Barat, ini berkat upaya bersama dalam membangun sinergitas potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang ada di desa Kertawangi yang terus digali dan dimaksimalkan secara mandiri,” ujarnya.

Sambung ia, Kampung Kurang Sampah, Big Farmer dan Rumah Asik merupakan tiga gagasan dan inovasi yang dipaparkan dalam lomba desa terbaik tingkat kabupaten Bandung Barat.

“Ketiga program inovasi tersebut menjadi Juara tingkat kabupaten Bandung Barat, harapannya bisa menjadi juara tingkat provinsi bahkan nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Steve Ewon menyampaikan jika ketiga program tersebut merupakan tahapan dasar bagaimana Indeks Desa Membangun (IDM) akan tercipta sehingga visi misi yang tertuang dalam RPJMDes akan bisa terlaksana sesuai harapan.

“Tiga program tersebut merupakan dasar bagaimana IDM akan terus tumbuh dan meningkat sesuai dengan RPJMDES yang telah disusun. Hal ini dianggap menjadi sebuah jawaban saat kolaborasi pentahelix yang terus kami ciptakan. Seperti Kampung Kurang Sampah, menjadi dasar bagaimana partisipasi masyarakat menjadi landasan terciptanya lingkungan yang bersih, kemudian Big Farmer yaitu etalase program Desa Wisata yang kami gagas dengan melibatkan para petani dan masyarakat agar tidak menjadi penonton dalam menggerakkan potensi desa dan sumberdaya manusianya. Lalu Rumah Asik, yaitu program upaya mengendalikan dan mengatasi persoalan stunting,” jelasnya.

Hasil lomba ini, lanjut ia, menjadi modal penting bagi masyarakat yang ada di Desa Kertawangi dalam membuka wawasan, pengetahuan dan kepedulian untuk membangun bersama menuju desa yang sejahtera.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat desa kami untuk terus membuka wawasan dan pengetahuan serta kepedulian antar sesama atau gotong royong, menuju desa yang sejahtera,” tegasnya.

Sebelumnya Desa Kertawangi didaulat menjadi Desa terbaik tingkat Kabupaten Bandung Barat yang telah dilaksanakan pada 15 Mei 2023 lalu melalui proses seleksi dan uji materi yang dilaksanakan oleh dewan juri.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed