oleh

Berharap Berkebun Melon Modern di Asha Farm Sambong Dikembangkan di Seantero Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Berawal rasa takjub dan menginspirasi, Bupati Blora, H.Arief Rohman, S.IP, M.Si, berharap perkebunan molen modern berkonsep green house di Asha Farm yang ada di Kecamatan Sambong, bisa ditiru dan dikembangkan di seantero Blora.

Ya. Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu, Senin (10/7/2023) pagi sempatkan untuk mengunjungi green house petik buah melon di Asha Farm, Sambong. Bertepatan, di perkebunan modern milik Agus itu, memasuki masa panen.

Disaat panen, di kebun tersebut, pengunjung bisa memilih dan memetik sendiri buah melon yang akan dibeli. Ada berbagai varian melon, seperti melon Kirani, Kinanthi maupun Adinda. Dimana masing-masing varian memiliki rasa nikmat dan ciri tersendiri.

Bersama dengan Plt Kepala Dinas DP4 Blora, Camat Sambong, Bupati Arief berkeliling meninjau kebun green house, dan memetik sejumlah buah melon yang sudah siap dipanen. Ikut mendampingi pemilik kebun Asha Farm, Agus beserta keluarga.

Setelah ditimbang dan dibayar, Bupati kemudian nampak antusias mencicipi buah melon tersebut. ‘’Memang recomended, untuk masyarakat Blora, Cepu, sekitarnya kalau mau merasakan buah melon bisa petik langsung, dan ditimbang ditempat, baru bayar,’’ ucapnya seusai mencicipi buah melon tersebut.

Dikatakan, setiap masa panen, pihak Asha Farm akan menginformasikan melalui media sosial. Dan yang mengagumkan, saat musim panen, buah melon bisa ludes terjual dalam waktu yang singkat. “Setelah diumumkan biasanya empat sampai 5 hari sudah habis,” imbuh Mas Arief.

Ditambahkan, banyak yang beranggapan kalau Blora wilayahnya panas dan tandus, padahal kalau ditanam buah melon cocok dan bisa menghasilkan.

Jadi Inspirasi

Konsep green house petik buah melon Asha Farm tersebut, diharapkan bisa menjadi inspirasi. “Ini bagus Mas Agus bersama istrinya punya usaha green house petik buah melon premium. Sangat inovatif, inspirarif. Semoga nanti bisa menginspirasi tempat yang lain.”

Bupati Arief ingin agar langkah inovatif berkebun dengan konsep green house ini bisa diterapkan di sejumlah kecamatan lain yang ada di Blora. “Semoga ini menjadi inspirasi, mungkin tidak hanya di Sambong saja tetapi bisa dikembangkan di kecamatan lain seperti Todanan dan kecamatan lainnya. Tidak perlu lahan yang luas cukup seribu meter bisa jadi greenhouse, dari menanam buah ini bisa menghasilkan, ini jadi inspirasi.”

Tak hanya itu, Bupati berharap agar inovasi dari Asha Farm tersebut bisa menginsipirasi anak-anak muda Blora, bahwa beternak dan bertani kalau dikelola secara profesional ternyata keren dan menghasilkan.

Sementara itu Agus, pemilik Asha Farm, menyampaikan, bahwa di kebun melon green house miliknya, para pengunjung bisa memilih dan memetik sendiri buah melon yang akan dibelinya. Dan kebetulan mulai Senin (10/7) buah melon yang ada di Asha Farm sudah siap dipanen.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati buah melon yang sudah dibeli langsung ditempat. Di sekitar kebun disediakan saung kayu dengan suasana asri, yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga menikmati aneka buah-buahan yang juga disediakan Asha Farm.

Ia mengapresiasi kehadiran Bupati Blora yang telah memberikan support dan motivasi kepada Asha Farm.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed