oleh

Haul Sunan Pojok, Berikut Sejumlah Kegiatannya

BLORA, KAPERNEWS.COM – Ribuan warga Blora, sebagian datang dari kabupaten sekitar, antusias mengikuti rangkaian haul Sunan Pojok Blora yang dihelat mulai dari 6 – 13 Agustus 2023. Termasuk di puncak kegiatan yang diisi dengan pengajian umum oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (13/8/2023) malam di Alun- Alun Blora.

Berikut sejumlah kegiatan di Haul Sunan Pojok. Mulai pengajian Selapanan oleh Kyai Subhan Mashuri Mojowetan, Khotmil Quran bin Nadri dan Buka Luwur bersama KH Muhtadi Nur dan KH Afifudin, Khotmil Qur’an bil Hifdzi oleh KH Muharror Ali, Tahlil Umum dan Doa Khotmil Qur’an bersama KH Abdul Qoyyum Mansur dan KH Muharror Ali. Dan puncaknya diisi dengan pengajian umum bersama KH Agus Ali Masyhuri.

Diketahui, selain beberapa rangkaian kegiatan keagamaan tersebut , sejumlah stand bazar UMKM yang ada di Kabupaten Blora turut meramaikan peringatan Haul Sunan Pojok yang rutin digelar setiap tahunnya.

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si yang hadir di Pengajian Umum mengapresiasi atas antusias masyarakat. “Saya atas nama panitia menyampaikan terima kasih atas kerawuhan panjenengan semua. Alhamdulillah Haul Sunan Pojok tahun ini berlangsung sangat meriah sekali. Semoga setiap tahun KH Agus Ali istiqomah saged rawuh wonten ing Haul Sunan Pojok puniko,” paparnya.

Tokoh Penting

Disampaikan Bupati yang akrab dipanggil Gus Arief itu , Sunan Pojok merupakan salah satu tokoh penting pendiri Kabupaten Blora, yang juga sebagai salah satu ulama yang gigih berdakwah di Kabupaten Blora.

“Perjuangan beliau berdakwah di Kabupaten Blora ini perlu kita teladani, sekarang harus kita teruskan perjuangannya, InsyaAllah Blora ke depan menjadi kabupaten yang maju baik dunianya dan akhiratnya,” terang Gus Arief.

Disampaikan, selain pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sebagainya, Pemerintah Kabupaten Blora juga terus menaruh perhatian kepada sektor pendidikan keagamaan. Dikatakan masyarakat Blora saat ini semakin antusias dengan berbagai kegiatan keagamaan.

“Alhamdulillah kegiatan-kegiatan pengajian maupun sholawatan di Blora selama ini selalu semarak dan meriah. Masyarakat antusias,” pungkasnya

Terpisah, Ketua Yayasan Sunan Pojok, H. Sutaat, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora, yang telah memberikan perhatian terhadap Peringatan Haul Sunan Pojok setiap tahunnya.

“Saya atas nama Yayasan Sunan Pojok menghaturkan terima kasih kepada Bupati,” ungkapnya.

Di pengajian umum KH Agus Ali Masyhuri yang setiap tahunnya selalu hadir, di sela-sela tausyiah, juga menceritakan kaitannya dengan sejarah Sunan Pojok. Acara ditutup dengan pembacaan riwayat Sunan Pojok oleh Ketua PCNU Blora, HM Fatah dan dilanjutkan dengan do’a bersama.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed