oleh

KKN Mahasiswa STAI Al-Anwar, Inisiasi Festival Tembakau Kabupaten Blora

BLORA, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa KKN STAI Al-Anwar unit 19 Desa Balongrejo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora inisiasi Festival Tembakau tingkat Kabupaten Blora, Sabtu (19/8/2023).

Festival ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Blora Kiswoyo, S.HM.

Turut hadir pula Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Ngaliman, SP,MMA. beserta rombongan.

Festival tembakau ini dimeriahkan dengan Lomba Ngrajang dan Nyawut Tembakau.

“Saya sangat senang, perlombaan ini bisa menjadi motivasi tersendiri di tengah gempuran rajangan mesin tembakau,” ungkap Mbah Damis, satu-satunya peserta perempuan sekaligus peserta tertua.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Festival Tembakau, Izzi Muqtafa menyampaikan, dengan bersinergi bersama masyarakat diharapkan bisa membawa nama tembakau Kabupaten Blora bersaing dengan penghasil tembakau lain di Jawa Tengah.

“Harapannya pemerintah dapat menggandeng petani membuat Festival Tembakau untuk menjadi agenda tahunan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan kegiatan tersebut guna mendukung petani tembakau Desa Balongrejo menuju ke arah progresif dan inovatif.

“Festival ini merupakan bentuk penggalian tradisi sebagai desa penghasil tembakau dengan kualitas tinggi sejak lama untuk pemberdayaan masyarakat berdikari,” pungkasnya.

(Abu Sahid/Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed