oleh

UMKM Bangkit, Transaksi Pameran Blora Fest 2022 di Eks Pasar Blora Sentuh Angka Rp 450 Juta

BLORA, KAPERNEWS.COM – Sebuah bukti UMKM di Blora bergeliat bangkit, gelaran Pameran Blora Fest 2022 yang digelar di lapangan Eks Pasar Induk Lama Blora mulai Rabu (21/12/2022) ternyata mampu memutar roda perekonomian para pelaku usaha di Kabupaten Blora. Tercatat, jumlah transaksi di event itu mencapai di kisaran Rp 450 juta.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kiswoyo, SH, M.Si, dalam acara sarasehan “Ngopi Bareng Bupati, UMKM Bangkit”, Kamis (29/12/2022), mengungkapkan dalam event Blora Fest 2022 terjadi perputaran ekonomi hingga ratusan juta rupiah.

“Transaksi menunjukan yang berputar pada event tersebut sudah hampir Rp 450 juta. Ini sangat luar biasa, nanti kalau ditambah (waktu pameran) sampai malam tahun baru prediksi kami akan bertambah lagi,” ungkap Kiswoyo.

Disampaikan Kiswoyo, sedianya pameran tersebut akan berlangsung hingga Kamis (29/12), akan tetapi banyak para pelaku UMKM menginginkan agar pelaksanaan pameran diperpanjang hingga malam pergantian tahun.

Diketahui, di Blora Fest 2022 melibatkan para pelaku UMKM yang ada di Blora, termasuk para pelaku usaha dari kerajinan kayu, furniture, batik, kuliner, dan lainnya, hingga tanaman Bonsai. Setidaknya ada 64 stand pameran yang memeriahkan gelaran event, termasuk tidak ketinggalan aneka wahana permainan dan panggung hiburan yang turut menjadi daya tarik bagi masyarakat.

“Kita akan terus berupaya berkolaborasi dengan stakeholder, baik lembaga keuangan pelaku usaha pasar modern kita terus berupaya untuk mendorong produk UMKM di Blora, agar bisa dikenal masyarakat. Beberapa kali kita melakukan pameran bersama Dekranasda seperti pada bulan Ramadhan, festival kuliner, dan lainnya,” papar Kiswoyo.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman akan mendorong agar diselenggarakannya berbagai event untuk mendukung UMKM yang ada di Blora terus bergeliat. Termasuk agar produk UMKM Blora nantinya bisa dikenal luas dan diminati masyarakat.

“Sinergi ini ke depan akan terus kita lakukan bersama. Tolong siapkan event lagi mungkin Ramadhan, Maret kita satu bulan full nanti disiapkan ditata untuk event nanti biar ekonomi masyarakat bisa bergerak dengan menampilkan potensi yang dimiliki,” papar Bupati.

Dikatakan, Pemkab akan terus mendukung upaya-upaya untuk kemajuan UMKM yang ada di Blora. Termasuk dengan melibatkan berbagai pihak dalam berbagai gelaran event, seperti perbankan, komunitas, hingga sekolah-sekolah.

“Semakin banyak event, semakin bagus untuk UMKM kita, baik di Blora maupun Cepu semoga bisa minimal 3 bulan sekali ada event pameran,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu peserta Blora Fest 2022 yakni Totok, mewakili komunitas penghobi tanaman Bonsai menyambut baik dan mengapresiasi adanya kegiatan pameran tersebut.

Ia berharap nantinya komunitas-komunitas yang ada di Blora dapat terus dilibatkan dalam memeriahkan berbagai event pameran. “Kami mewakili teman teman komunitas bonsai yang ada di Blora mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang kali ini memfasilitasi teman-teman komunitas ini. Semoga dari komunitas-komunitas setiap ada pameran bisa terus digandeng,” ucapnya.

Acara ngopi bareng diselingi dengan kegiatan sosial yakni memberikan santunan kepada anak yatim.

Hadir dalam kegiatan ngopi bareng perwakilan Setda Kabupaten Blora, Dandim Blora, Wakapolres Blora, Kepala-kepala OPD, Dekranasda, TP PKK Kabupaten Blora, beserta para pelaku UMKM di Kabupaten Blora.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed