oleh

25 Sekolah di Garut Raih Penghargaan Adiwiyata

GARUT, KAPERNEWS – Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman menyerahkan piagam Adiwiyata bagi 25 sekolah SD, SMP, SMA dan MA, Senin (12/06/2023).

Piagam dan penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut yang bekerjasama dengan Yayasan Bakti Barito.

Kabid KLKH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Asep Robi menjelaskan kriteria Adiwiyata merupakan sekolah berbudaya lingkungan dengan Permen LH Nomor 52 Tahun 2019. Dalam permen LH itu ada kriteria tentang syarat Adiwiyata pertama dari perencanaan pelaksanaan kemudian evaluasi yang semuanya itu berbasis dengan lingkungan.

“Nah yang dimaksud lingkungan itu adalah pertama terkait dengan perkembangan konservasi energi konservasi air sanitasi dan kemudian satu lagi terkait dengan keterlibatan semua warga sekolah di dalam pelaksanaan GPBLHS tersebut,” ucapnya.

Sambung Asep, setelah mereka melaksanakan itu dalam jangka waktu 1 tahun, pihaknya bersama stakeholder melakukan penilaian kepada sekolah-sekolah.

“Kami Dinas Lingkungan Hidup bersama dengan stakeholder melaksanakan penilaian, setelah itu akhirnya ya semuanya dari ke-25 sekolah itu kami anggap layak dan memenuhi syarat untuk mendapatkan anugerah Adiwiyata tingkat kabupaten dan mungkin untuk tahun depan mereka kita dorong ke tingkat provinsi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Manfaat mengikuti Program ADIWIYATA adalah menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.

(OKI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed