oleh

Sambongrejo Blora Jadi Salah Satu Desa Wisata Terbaik Indonesia

BLORA, KAPERNEWS.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Kampung Samin Desa Wisata Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, sebagai salah satu desa wisata terbaik Indonesia tahun 2023.

“Mewakili Bapak Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dengan ini kami tetapkan bahwa Kampung Samin Desa Wisata Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora sebagai salah satu desa wisata terbaik Indonesia tahun 2023,” ucap Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua, Senin (12/6/23). Bersamaan dengan itu, dia menyerahkan prasasti yang ditandatangani Menteri Sandiaga Uno.

Indra Ni Tua datang ke Blora, bersamaan dengan Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mulai visitasi 75 besar desa wisata yang telah lolos proses kurasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Dari 75 desa yang lolos, salah satu di antaranya merupakan desa wisata Kampung Samin Desa Sambongrejo,turut Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Propinsi Jawa Tengah.

Kegiatan visitasi sendiri juga menjadi ajang promosi bagi 75 besar desa wisata ADWI untuk meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif lokal mereka.

Dalam visitasi itu, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua secara langsung datang dan ikut berkeliling kampung Samin sambongrejo. Ikut mendampingi Bupati Blora H. Arief Rohman, Sekda Blora, dan Forkompimcam.

Tak hanya keliling kampung, Indra juga berkesempatan menikmati makanan tradisional lokal yang disuguhkan ketika berada di Pendopo Kampung Samin dengan diiringi usik dari Kothek Lesung yang dimainkan ibu-ibu kampung Samin.

Suguhan yang disajikan sangat beragam. Mulai dari buah pisang dan jeruk, jajanan lokal seperti gemblong atau gethuk dan tapai ketan yang dibungkus dengan daun Ploso. Termasuk makanan lokal yang disajikan dengan alas makan berbahan tanah liat yang dilapisi daun pisang.

Indra tampak menikmati berbagai sajian tersebut. Dia mencicipi sayur lodeh kluwih dan gereh campur lombok ijo dilengkapi daging goreng.

“Masakannya top. Ini sebenarnya makanan sehat yang sekarang sedang digadang-gadang. Dan ini sebenarnya salah satu keunggulan desa wisata. Ini dari dulu sudah organik. Itu harus kita pertahankan, Insyaallah banyak yang suka,” ungkapnya.

Indra juga menjelaskan keberadaan kampung Samin ini kulturnya sangat kuat dan tentu ini akan membawa dampak positif. “Ketika saya masuk kampung ini, sempat kaget, sudah lama dengar Samin dan baru pertama ke sini ternyata kampungnya bersih dan nyaman ini tentu menjadi nilai sendiri,” tuturnya.

Terbaik

“Mewakili Bapak Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, dengan ini kami tetapkan bahwa Kampung Samin Desa Wisata Sambongrejo, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora sebagai salah satu desa wisata terbaik Indonesia tahun 2023,” ucap Indra sembari menyerahkan prasasti bertuliskan tanda tangan Menteri Sandiaga Uno.

Salah seorang dewan juri, Ary S. Suhandi mengungkapkan, kedatangan dewan juri dimaksudkan untuk memverifikasi secara langsung berbagai isian usulan ADWI melalui aplikasi Jadesta (Jaringan Desa Wisata).

“Tidak ada satupun yang zonk. itu penting. jadi semuanya terverifikasi dengan baik. semua lima kategori. Mulai dari daya tarik pengunjung, kemudian homestay dan toilet, lalu souvenir, digital dan kreatif, serta mengenai Kelembagaan Desa,” ungkap Suhandi.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sambongrejo, Janurman mengungkapkan, Desa Sambongrejo masuk 75 besar setelah mengikuti seleksi bersama 7 ribuan desa wisata dari seluruh Indonesia. Desa wisata dari nusantara itu diseleksi kembali dan dihasilkan 4.573 desa wisata yang telah terdaftar dan melengkapi data melalui platform Jadesta.

Beberapa wisata edukasi yang telah disiapkan diantaranya adalah mengenai pembuatan batik, pembuatan tempe, pemeliharaan kambing peranakan etawa (PE), wisata petik buah yang menyampaikan edukasi perawatan tanaman buah, hingga pitutur luhur, yakni penyampaian ajaran Samin yang disampaikan sesepuh Sedulur Sikep Sambongrejo Mbah Pramugi.

“Kami sudah menyiapkan paket wisata untuk Kampung Samin Sambongrejo. Paket wisata kami mengedepankan budaya. Kedepankan kehidupan masyarakat sedulur sikep. Kami juga telah menyiapkan berbagai wisata edukasi yang dilengkapi dengan fasilitas dan homestay untuk para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Samin,” ungkap Janurman.

Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., sangat mendukung pengembangan desa wisata di kampung Samin Sambongrejo. Menurut Bupati, tujuan utamanya bukan tentang juara berapa namun keberlanjutan pengelolaan desa wisata agar mempunyai dampak ekonomi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.

“Juara berapa saja itu hanya bonus. Yang penting kita sajikan yang terbaik. Bisa masuk 75 desa wisata terbaik se Indonesia ini sudah bagus. Bagaimana nanti ini bisa berkelanjutan berkesinambungan. Sinergi dengan berbagai sektor harus terus dibangun. Terus gali potensi lokal untuk daya tarik wisata,” ungkap Bupati.

Pihaknya mengaku banyak tamu yang ia bawa ke Kampung Samin sangat terkesan dengan kearifan lokal yang ada. Mulai dengan pitutur sedulur sikep, pertanian dan peternakan, kerajinan, hingga kulinernya.

“Banyak tamu luar kota yang kangen dengan kulinernya. Semuanya ingin kembali ke sini menyicipi kuliner yang sehat khas Kampung Samin. Semoga ke depan Desa Wisata Sambongrejo semakin maju. Meskipun berada di dalam kawasan hutan, bisa tampil menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed