oleh

Kehadiran Ayat Ruhiat The Legend Sumpit Asal Leles Berusia 85 Tahun Ramaikan Forkab Kormi Garut.

GARUT, KAPERNEWS.COM – (KORMI) Komite Olahraga Masyarakat Indonesia adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia. Olahraga rekreasi adalah salah satu jenis olahraga yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Ayat ruhiyat usia 85 thn merupakan salah satu atlit sumpit tradisional asal kecamatan leles ini merupakan atlit paling tua dalam bidang sumpit.meskipun usianya yang sudah tua namun tidak menyurutkan semangat nya untuk ikut dalam ajang Forkab Kormi Kabupaten Garut dalam rangka Haornas ke 40 yang diselenggarakan di SOR R.A.A.Adiwijaya Garut.

Keseharian Ayat adalah petani di kampung sarjambe desa cangkuang leles selain bertani ayat pun seringkali berburu burung.
Ayat sendiri masih mempunyai seorang Istri yang bernama Aminah 75 thn Ayat merupakan atlit paling tua diantara atlit atlit lainnya khususnya cabang sumpit.

Adapun alat sumpitnya merupakan sumpit turun temurun dari kakeknya dan sudah ratusan tahun,dengan modal sumpit warisan yang terbuat dari Awi Tamiang yang didatangkan khusus dari jampang surade mungkin sudah ratusan tahun lalu. ayat sendiri bermain sumpit sudah puluhan tahun .

“Saya bermain sumpit sudah puluhan tahun dari jaman penjajahan belanda ke 2 .dan ini sumpit warisan dari kakek saya mungkin sudah ratusan tahun dan terbuat dari Awi Tamiang yang didatangkan dari jampang Surade ” ucapnya

Forkab Kormi Kabupaten Garut sendiri berlangsung dari tanggal 8 sd 10 september 2023 dengan memainkan beberapa cabang olah raga seperti Egrang,Dogongan,Sumpit,dan lainnya. (Oki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed