oleh

Peringatan Hari Santri Tahun 2022 di Alun-Alun Blora, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

BLORA, KAPERNEWA.COM – Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Blora. Dalam upacara tersebut yang menjadi Inspektur upacara Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, Sabtu (22/10/2022).

Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati dalam sambutanya membacakan, Panduan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022 tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) Nomor: SE.27 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022 dengan mengambil tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Panitia Hari Santri Nasional Kabupaten Blora, Yunus Bakhtiar

Sementara itu, Panitia Hari Santri Nasional Kabupaten, Yunus Bakhtiar memaparkan, hari santri tahun 2022 sebagaimana diketahui bersama merupakan tradisi bersama yang selama ini di jalani oleh PCNU Kabupaten Blora sejak tahun 2015 setelah mendapatkan keputusan dari Presiden Indonesia dan tahun 2022 ini Hari Santri Nasional dengan tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

“Hari santri di Kabupaten Blora diikuti sekitar 1000-1500 peserta terdiri dari Pondok Pesantren, Sekolah-sekolah sekitar kota, Ormas, Forkominda, OPD-OPD mengikuti hari santri dalam bentuk upacara,” ucapnya

Yunus mengatakan, upacara dilakukan dua kali yang pertama dilakukan melalui daring terpusat di PBNU ditempatkan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, setelah itu mulai upacara di Alun-alun Kabupaten Blora.

“Kita berharap dengan hari santri bisa menambah kontribusi untuk pemerintah dan kepada negara dan bangsa Indonesia ini,” tambahnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed