oleh

Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2022, Sebanyak 235 Anak-Anak Serempak Cuci Tangan Untuk Membudidayakan Menjaga Kebersihan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Sebanyak 235 anak-anak serempak cuci tangan untuk belajar budidaya menjaga kebersihan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2022 dan Gerakan Minum Susu yang bertempat di depan gerbang pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022) pagi.

“Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia ini sebenarnya jatuh pada tanggal 15 Oktober setiap tahunnya. Namun pada tahun ini, Kabupaten Blora memperingatinya tanggal 14 Oktober 2022. Dengan bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Blora dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, hari ini dilakukan cuci tangan serentak bersama 235 siswa-siswi,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Blora Drg. Willys Yuniarti mewakili Kepala Dinas Kesehatan Blora Edi Widayat selaku Ketua Panitia Acara Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2022, Jumat (14/10/2022).

Lebih lanjut disampaikan, di antaranya terdiri dari 31 Siswa-Siswi TK Baitunnur, 35 Siswa-Siswi Playgroup/ TK Pelangi Ceria, 85 Siswa-Siswi SDN Kedungjenar dan 84 Siswa-Siswi SDN Tempelan Blora.

Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Ainia Shalichah-Arief Rohman menjelaskan bahwa gerakan cuci tangan pakai sabun dan minum susu perlu dibudidayakan untuk menanggulangi penyakit sejak dini pada anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah SH, M.Pd. Aud, M.Pd. BI beserta jajarannya

“Semoga ini disadari bahwa minum susu setiap hari penting untuk menjaga kesehatan. Salah satunya untuk mencegah stunting. Kita ingin minum susu menjadi gerakan serentak juga. Harapannya anak-anak menjadi sehat. Sadar kebersihan diri itu penting, sadar kebersihan lingkungan itu penting, dan mereka menjadi anak-anak yang cerdas, berkualitas dan tangguh karena ketahanan tubuhnya baik,” tandasnya.

Sementara itu, saat memberikan sambutan, Bupati Blora mengajak semua pihak untuk terus membiasakan mencuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si bersama anak-anak

“Tidak terasa sudah setahun kita kemarin melakukan kegiatan cuci tangan di sebelah pendopo ya. Di sekolah-sekolahan, dan juga instansi-instansi gerakan ini harus terus digelorakan,” kata Bupati Arief Rohman.

Bupati Arief Rohman juga menerangkan bahwa program cuci tangan adalah implementasi Hadist Riwayat Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi dikatakan Thuhuru syathru al iimaani, yang artinya kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Apalagi adik-adik kalau mau kegiatan, mau makan dan lain-lain alangkah lebih baiknya cuci tangan terlebih dahulu,” ujarnya.

Selain menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, Bupati Arief menyampaikan bahwa pada hari ini juga dilakukan gerakan minum susu serempak di 16 kecamatan se-Kabupaten Blora.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Blora mengapresiasi kegiatan ini. Terimakasih kepada TP PKK, Dinas Kesehatan, dan semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini. Tetap semangat, semoga bermanfaat. Semoga kita semua selalu dilindungi dan diberikan kesehatan dan keberkahan,” pungkasnya.

Untuk mengasah daya nalar anak-anak, dalam kegiatan juga dilakukan tebak-tebakan dan tanya jawab oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, SH,M.Pd.AUD, M.Pd.BI yang diikuti oleh para siswa-siswi dengan antusias.

Hadir dalam peringatan tersebut selain Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah SH, M.Pd. Aud, M.Pd. BI beserta jajarannya, Perwakilan Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Blora dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Blora serta Kepala Sekolah dan Guru dari TK Baitunnur, Playgroup/ TK Pelangi Ceria, SDN Kedungjenar dan SDN Tempelan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed