oleh

Tekan Angka Perkawinan Anak, Pemkab Blora Lakukan Penyuluhan Remaja di Car Free Day

BLORA, KAPERNEWS.COM – Untuk menekan angka perkawinan anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dindalduk KB) Kabupaten Blora dan Forum Genre (Generasi Berencana) memberikan penyuluhan di acara Sesarengan Car Free Day an di depan gerbang pendopo alun-alun Utara Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (16/10/2022) pagi.

“Saya bangga sekali bisa membersamai adik-adik khususnya dalam rangka penurunan angka perkawinan anak,” kata Bunda Genre Ainia Shalichah-Arief Rohman saat memberikan sambutannya, Minggu (16/10/2022) pagi.

Disampaikannya, dari data mulai Januari hingga Oktober jumlah pernikahan anak di Kabupaten Blora cukup tinggi, yaitu sebanyak 400-an lebih.

“Masih banyak kan. Di tahun 2021 kemarin Januari hingga Desember jumlahnya kurang lebih 600 an pernikahan anak,” ungkapnya.

Selaku Bunda Genre dirinya bangga atas upaya semua pihak termasuk adik-adik genre yang getol mengkampanyekan anti pernikahan dini.

“Keaktifan ini semoga bisa diikuti forum genre kecamatan-kecamatan dan agar Bunda Genre Kecamatan turut memfasilitasi,” terangnya.

Sementara itu, mewakili Kepala Dindalduk KB Kabupaten Blora Drs. Purwanto, MM. yang berhalangan hadir, Sekretaris Dindalduk KB Lucius Kristiawan, ST, M.Si. menyampaikan bahwa perlunya semua pihak menghindari perkawinan anak.

“Perkawinan anak di Blora ini perlu dihindari. Seperti motto Forum Genre Blora, Yang muda yang berencana. Selain itu ada motto propinsi, Ojo kesusu kawin yo. Dan juga motto dari kabupaten, Ijasah disik lagi ijabsah,” jelas Lucius Kristiawan di depan peserta.

Menurutnya, usia kehamilan anak menjadi resiko di pengasuhan dan juga pendidikan.

“Jus duren banyak. Janda di usia sekolah duda baru anak kemarin ini banyak,” ujarnya.

Disampaikannya, perkawinan anak rentan menyebabkan kondisi janin beresiko stunting.

“Remaja kondisi saat ini yang anemia ada 37 persen lebih, yang masa hamil juga anemia, yang janinnya juga beresiko stunting,” pungkasnya.

Selain Dindalduk KB Kabupaten Blora dan Bunda Genre Ainia Shalichah-Arief Rohman turut hadir pula Ketua I TP PKK Kabupaten Kadek Ratnasari Okarini-Komang Gede Irawadi, Ketua Pokja I TP PKK Kabupaten Retna Murti Puji Rahayu-Pitoyo beserta anggota dan perwakilan Forum Genre 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed