oleh

Program Jumat Curhat, Kapolres Blora Berpesan Pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Agar Aktif Berikan Penyuluhan Warga tentang Pentingnya Kesadaran Buang Sampah Pada Tempatnya

BLORA, KAPERNEWS.COM – Program Jumat Curhat digulirkan Oleh Polres Blora Polda Jawa Tengah. Program tersebut adalah salah satu upaya Polres Blora untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Dalam program tersebut, Kapolres AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH terjun langsung blusukan ke desa untuk berdiskusi bersama masyarakat guna mendengarkan keluhan, curhat, maupun menyerap informasi langsung, Jumat (30/12/2022).

Kapolres Blora didampingi beberapa Pejabat Utama dan Forkopincam mendatangi warga desa Andongrejo tepatnya di kawasan jembatan penghubung desa Andongrejo dengan wilayah kelurahan Bangkle untuk ngobrol bareng. Di tepi sungai, Kapolres mendengarkan beragam keluhan yang disampaikan warga.

Di antaranya adalah permasalahan sampah, keamanan lingkungan hingga masalah pertanian terkait pengolahan pupuk organik.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi mengungkapkan bahwa kegiatan Jumat Curhat digelar rutin setiap Jumat dan selain tingkat Polres juga digelar di tingkat Polsek di 16 kecamatan di kabupaten Blora.

“Kami turun langsung untuk ngobrol dengan masyarakat. Untuk mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat, atau menerima aduan yang bisa segera ditindaklanjuti. Jika berkaitan dengan instansi lain, kami akan berkoordinasi untuk mencarikan solusinya,” ucapnya.

Kapolres juga menyampaikan, dirinya membuka nomor aduan masyarakat, yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi ataupun ada persoalan yang butuh ditindaklanjuti kepolisian.

Kemudian menanggapi masalah sampah, dirinya berpesan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar aktif memberikan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Kemudian terkait masalah keamanan lingkungan, mantan Kapolres Purworejo ini mengajak warga untuk aktif dalam ronda malam.

“Keamanan dan ketertiban adalah tanggung jawab kita bersama. Selain dari Polri dan TNI tentunya kita harapkan peran serta warga. Salah satunya adalah dengan aktif ronda malam. Silahkan untuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa diaktifkan kembali rondanya,” pintanya.

Terkait penyampaian warga tentang pengolahan pupuk organik, Kapolres yang terkenal sumeh dan murah senyum ini berjanji kepada warga akan mendatangkan ahli dan akan mengajak para mahasiswa yang mempunyai kompetensi untuk memberikan pelatihan kepada warga desa Andongrejo.

“Jika Bapak Kepala Desa mau, dan berkomitmen dalam pengembangan pupuk organik. Tentunya kami siap membantu, kami akan siapkan tenaga ahli dan nanti akan diberikan pelatihan dan pembekalan kepada warga,” tambahnya.

“Apalagi pastinya banyak warga desa Andongrejo yang mempunyai kotoran sapi, karena kebanyakan warga sini saya lihat adalah petani. Nah di situlah harus kita manfaatkan karena banyak warga yang memelihara sapi,” beber Kapolres Blora.

Sementara itu, Kepala Desa Andongrejo Abdul Salam mengapresiasi program Jumat Curhat dari Kapolres, karena sangat berguna bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan aduan secara langsung.

“Alhamdulilah dengan Program Jumat Curhat ini kami bisa langsung menyampaikan unek-unek kepada bapak Kapolres secara langsung. Kami ucapkan terima kasih atas kedatangan bapak Kapolres beserta rombongan di desa kami,” terang Kepala Desa Andongrejo.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed