oleh

Kurangi Sistem Dongkelan Yang Berpotensi Merusak Alam, PPBI Gelar Pameran Bonsai Hasil Pemrograman

BLORA, KAPERNEWS.COM – Sebanyak kurang lebih 500 peserta ditargetkan bakal meramaikan Pameran dan Kontes Bonsai 2023 yang digelar di ex Pasar lama Blora tepatnya depan Mapolsek Blora Kota, Jawa Tengah, Kamis (04/05/2023).

Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai Blora, Muhammad Agus Alim memaparkan, pameran yang diadakan adalah tindaklanjut permintaan pencinta bonsai di Blora.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya juga pernah, dan tahun 2023 ini menyelenggarakan pameran tapi agak khusus karena Road to the Max di Blora ini adalah pameran pertama kali di pulau Jawa,” jelasnya.

Menurutnya, Road to the Max ini termasuk solusi untuk mengurangi pendongkel-pendongkel.

“Karena bonsai yang dipamerkan mayoritas adalah hasil budidaya atau pemrograman. Sebanyak 500 peserta dari berbagai daerah meliputi 8 Kabupaten dari 3 provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada dari Tuban, Bojonegoro ada juga yang dari Bandung Jawa Barat dan Bekasi juga ada,” terang Muhammad Agus Alim.

Lanjutnya, dengan adanya pameran ini bisa memberikan motivasi, inspirasi kepada pecinta Bonsai di Blora.

“Yang namanya pembonsai tidak harus berburu, kita bisa budidaya, bisa melalui cangkok, stek atau dari biji.
Yang dikonteskan di sini ada dua kelas karena ini pameran lokal yaitu kelas prospek dan kelas regional,” ucapnya.

Agus menambahkan, penilaian akan dilakukan dengan memilih juara satu, dua, tiga, terbaik 10, dan semua berhak mendapatkan door prize undian.

“Acara berlangsung dari tanggal Rabu 3 sampai Minggu 7 Mei 2023. Tanggal 3 dan 4 untuk pendaftaran tanggal 5 penjurian dan Sabtu – Minggu pembukaan untuk umum,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Blora Umbaran Wibowo menyampaikan, kontes Road to The Max yang digelar PPBI Blora ini, sebenarnya adalah laga pemanasan dan menjaring minat pembonsai.

“Untuk agenda besarnya adalah Pameran Nasional di 2024 nanti. Semoga saja, kali ini banyak pesertanya, sehingga nanti naat pameran nasional bisa kita gelar lebih besar,” terangnya.

Selain itu pihaknya berharap dengan adanya pameran Bonsai ini, mampu memicu geliat kreatifitas warga Blora, khususnya di bidang seni Bonsai.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed