oleh

Digelar Bimtek dan Sosialisasi Implementasi Perijinan Usaha Berbasis Resiko

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Implementasi Perijinan Berusaha Berbasis Resiko bagi pelaku usaha yang dilaksanakan di rumah makan Sabara Seso, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022)

Kordinator UKM, Jedy Arnanto menjelaskan, kegiatan yang menindaklanjuti program dari Pemerintah Pusat, bagaimana supaya pelaku usaha dalam melakukan usahanya bisa berjalan.

“Artinya ada sisi-sisi lain, mungkin dari sisi perijinannya, regulasi mungkin pelaku usaha itu belum mengetahui,” terangnya.

Ia menambahkan, dari sini diberikan mandat untuk memberikan informasi dengan memfasilitasi program dan kegiatan, karena terkait dengan teknis, pihaknya harus berhubungan dengan OPD teknis.

“Contoh, kalau UMK perlu komunikasi dengan perdagangan, terus kebetulan hari ini kita berhubungan dengan bagaimana meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kripik tempe,” tambahnya.

Lebih lanjut, paguyuban pengrajin kripik tempe se-Kabupaten Blora, mengatakan mendapat informasi dari perdagangan sebanyak 35 dan mudah-mudahan ke depannya lebih berkembang.

Sementara itu, Bidang Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Sri Raharjo memaparkan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  berkaitan dengan implementasi untuk perijinan usaha yang berbasis RPH basis resiko dan dari DKK yang berkaitan dengan pangan industri rumah tangga.

“Bertujuan memberikan informasi berkaitan dengan teman-teman UKM untuk lebih meningkatkan bidang usahanya, kaitannya dengan aturan legalitas,” ungkapnya.

Dikatakannya, baik dengan legalitas induk usaha maupun legalitas berkaitan keamanan pangan, untuk di Blora yang legalitas atau ber NIB sudah mencapai 60 persen dan setiap ada sosialisasi didorong para UKM agar bisa memenuhi perijinannya.

“Dengan temen-temen punya legalitas yang lengkap ini bisa mendorong mereka naik kelas,” harapnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed