oleh

HUT SMPN 1 Blora ke-77 Diajukan, Harus Selalu Introspeksi Diri Agar Menjadi Yang Terbaik

BLORA, KAPERNEWS.COM – Hari Ulang Tahun ke-77 SMP Negeri 1 Blora bertempatan dengan bulan Ramadhan diajukan yang seharusnya jatuh pada 1 April 1946 – 1 April 2023 bertempat di Halaman Sekolah SMP Negeri 1 Blora, Jawa Tengah, Selasa (21/03/2023).

Kepala Sekolah SMPN 1 Blora, Ainur Rofiq menyampaikan, kegiatan ulang tahun yang ke-77 seharusnya pada 1 April namun karena sudah memasuki bulan Ramadhan maka diajukan walaupun format kegiatannya dilakukan secara sederhana.

“Dari hari Senin kemarin lomba-lomba permainan, dolanan anak-anak dan hari ini ada pentas seni, jalan sehat dan bazaar dari anak-anak,” ucapnya.

Lanjutnya, terkait dengan biaya hampir semuanya dari sponsor, perusahaan maupun sumbangan dari orang tua murid.

“Ada yang nyumbang doorprize ada yang kirim tumpeng dan lain sebagainya, kemudian untuk menandai momen 1 April nanti ini diadakan khotmil Qur’an pas momen satu April bulan Ramadhan. Untuk acara ini sendiri kenapa dimajukan karena menjelang Ramadhan dan kemudian dilakukan penggeseran tanggal, karena misalnya dilaksanakan bulan Ramadhan kan enggak bisa buat acara seperti ini,” terangnya.

Rofiq menambahkan, Ramadhan sendiri banyak kegiatan yang bernuansa menghidupkan bulan Ramadhan, di antaranya pada pukul 06.30 Tadarus Al-Quran di mushola selama bulan Ramadhan.

“Ada literasi baca Al-Qur’an di masing-masing kelas jadi anak-anak baca Al Qur’an selama 15 menit. Namun kita tetap memfasilitasi siswa yang beragama non muslim untuk mengadakan kegiatan agamanya selama 15 menit, yang pertama tetap kita juga memberikan ruang karena sekolah ini sekolah negeri sehingga harus melayani apapun agamanya,” terangnya.

Lebih lanjut, pada bulan Ramadhan nanti setiap malam rencananya ada kegiatan tarawih di sekolah.

“Ada 3 kelas yang terjadwal tarawih, kemudian bapak ibu guru nanti setiap Dzuhur ada kajian kepada jamaah shalat Dzuhur, kemudian ada Peringatan Nuzulul Qur’an dan juga Ramadhan Berbagi, jadi OSIS itu mengumpulkan dana dari siswa secara sukarela dan guru,” ujarnya.

Rofiq menyampaikan bahwa dana tersebut dikelola oleh siswa sendiri untuk kegiatan berbagi takjil.

“Biasanya ada beberapa titik yang dipakai lokasi untuk berbagi takjil kepada orang-orang di antaranya untuk tujuan Ramadhan. Penyerahan (hadiah) anak yang berprestasi selama tahun ajaran mulai tahun ajaran Juli sampai saat ini itu sudah ada 81 kejuaraan yang diperoleh oleh SMP 1 Blora baik akademik maupun non akademik mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi dan juga ada yang tingkat nasional,” tambahnya.

Untuk kegiatan ekstrakurikuler di sini ada olahraga dari Taekwondo, beladiri, pencak silat, kemudian olahraga renang, voli, watul Qur’an rebana, Akademik, OSN dan sebagainya

Menurutnya, pra USN yang diadakan Dinas Pendidikan SMPN 1 Blora sudah di atas semua.

“Baik akademik maupun non akademik tetap kita dorong baik itu lewat intrakurikuler maupun lewat ekstrakurikuler. Karena komitmen kita bersama SMP 1 Blora tetap terbaik terdepan dan berkarakter. Dengan ulang tahun ke-77 itu bukan usia yang muda, oleh karena itu kita harus seiring dengan bertambahnya usia kita harus selalu introspeksi diri untuk selalu berusaha dari sekolah-sekolah yang lain untuk mewujudkan sekolah yang berprestasi, berkarakter, terdepan untuk Kabupaten Blora,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMPN 1 Blora dari kelas IIIV, Naura Safira menyampaikan hari Senin kemarin ada beberapa lomba seperti bola berantai dan lain sebagainya.

“Memindahkan bola dengan tali estafet air dan masih banyak lagi lomba-lomba keseruan seperti halnya seperti tanggal 17 Agustusan. Hari ini SMP 1 mengadakan jalan sehat di mana rutenya agak jauh tapi menyenangkan dan setelah itu juga ada pentas seni barong, dan musik serta pembagian doorprize. Untuk siswa siswi semoga tetap sopan mentaati tata tertib dan menjaga menjaga atittudenya, semoga bapak ibu guru jangan lelah membimbing para siswa menjadi lebih baik,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed