oleh

Berikan Pelayanan Masyarakat, Bupati Beserta Jajaran Ngantor Di Desa Tepi Hutan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Usai ngantor di Balai Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, Jumat (2/9/2022), Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM, kini ngantor di desa tepi hutan jauh dari kota Blora, yakni di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati.

Untuk lebih dekat dengan masyarakat, rombongan Bupati Arief harus menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Blora. Sama seperti saat ngantor di desa-sesa lainnya, kali ini Bupati mengajak sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membuka dan memberi layanan kepada masyarakat Desa Pengkoljagong.

Mulai layanan MPP Keliling untuk mengurus administrasi kependudukan dari Dukcapil, pelayanan perizinan usaha UMKM, BPJS Kesehatan, vaksinasi, hingga pelayanan KB. Semua gratis.
Untuk memberi layanan tersebut, sejumlah OPD yang membidangi pelayanan masyarakat diajak serta. Mulai Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Dalduk KB, Dinas Dukcapil, DPMPTSP, DLH, Dinas Pangan Pertanian Perkebunan dan Perikanan, Dinas Sosial P3A, BPBD, hingga Baznas Kabupaten Blora.
Acara sambang desa diawali dengan sholat subuh berjamaah, dilanjutkan dialog dengan masyarakat di masjid desa. Di kesempatan itu, Bupati Arief juga juga menyerahkan bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu hingga bantuan takmir masjid.

Selanjutnya Bupati mengikuti olahraga pagi bersama di halaman Kantor Kepala Desa Pengkoljagong dan memberikan pengarahan kepada Kades hingga perangkatnya.

Masyarakat desa tepi hutan, yang jauh dari pusat pemerintahan Blora, tampak antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Bupati dan jajarannya. Mereka tampak semangat untuk mendapatkan pelayanan kependudukan, kesehatan, hingga perizinan usaha.

“Alhamdulillah kegiatan sambang desa atau ngantor di Desa bisa kita laksanakan di Pengkoljagong, salah satu desa tepi hutan. Mulai subuh berjamaah, menyapa masyarakat, berbagi bantuan, hingga membuka layanan gratis,” ucap Bupati Arief.

Melalui kegiatan sambang desa itu, pemerintah kabupaten Blora bisa hadir lebih dekat memberikan pelayanan terbaiknya hingga pedesaan.

“Semoga kegiatan yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat pedesaan ini bisa terus kita gelar secara berkala dengan menyasar desa-desa pinggiran yang jauh dari pusat Kabupaten. Sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan pembinaan kepada perangkat desa,” imbuh Bupati Arief.

Kades Pengkoljagong, Sugiyono, S.Pd., mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Blora dan jajaran yang telah memilih desanya sebagai lokasi pelaksanaan subuh berjamaah. Termasuk melaksanakan layanan masyarakat lainnya.

“Maturnuwun, terimakasih kepada Pak Bupati dan jajaran. Desa kami ini memang jauh dari kota, namun kami bertekad untuk bisa terus maju dengan memberdayakan potensi yang ada. Hadirnya Pak Bupati, Bu Wakil Bupati dan jajaran hari ini sangat bermanfaat bagi kami dan seluruh warga. Semoga ini dapat menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi,” ungkap Kades Sugiyono.

Sementara itu, Abdul Faqih salah satu warga sekaligus tokoh masyarakat setempat juga mengucapkan terimakasih untuk kehadiran Bupati dan sejumlah layanan masyarakat.

“Hari ini Pengkoljagong benar benar beruntung kedatangan Pak Bupati bersama sejumlah program layanan masyarakat. Ini hal yang baik sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh ke Blora untuk mendapatkan pelayanan perizinan usaha misalnya. Semoga bisa dilanjutkan ke desa lainnya juga Pak Bupati,” ucapnya singkat.

Acara kemudian dilanjutkan Bupati dengan penyerahan bibit ikan dan penanaman pohon di Dukuh Alasmalang. Salah satu dukuhan di Desa Pengkoljagong yang letaknya di tengah hutan, berjarak sekitar 9 km dari Kantor Kepala Desa. Serta meninjau salah satu potensi alam Pengkoljagong yaitu Banyu Geni yang dapat menjadi salah satu destinasi wisata untuk dikembangkan ke depan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed