oleh

Bimtek Optimalisasi Usaha Pertanian Digelar Di Hotel Al Madina

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bimbingan Teknis Optimalisasi Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO), Jaringan Irigasi, Jalan Usaha Tani, Pembiayaan Pertanian dan Alsintan Untuk Pengembangan Usaha Pertanian digelar di Hotel Al Madina Lantai III Blora, Jawa Tengah, Kamis (29/9/2022)

Anggota Komisi IV DPR, Firman Subagyo menyampaikan, agar para petani mulai beralih menggunaan pupuk organik dengan alasan penggunaan pupuk kimia bisa berpengaruh terhadap produksi hasil pertanian nasional.

“Untuk itu kita harus melakukan gerakan menggunakan Pupuk Organik dalam rangka memperbaiki unsur kesuburan lahan dan meningkatkan produksi nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, sekarang ini banyak lahan pertanian saat ini sudah mulai titik jenuh dan tidak produktif, karena pupuknya itu berlebihan menggunakan pupuk kimia atau pupuk urea.

“Kita akan berusaha untuk membantu, demikian juga penggiat-penggiat yang berkaitan dengan sektor pertanian,” tambahnya.

Lebih lanjut, dibantu Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) sapi betina produktif ada juga jalan usaha tani dan alat-alat tani lainnya, melalui Bimtek yang menyasar seluruh masyarakat di Blora ini dapat menjadi salah satu peluang besar bagi petani untuk mulai lebih memaksimalkan pupuk organik.

“Dalam kurun waktu jangka panjang, kesuburan tanah petani di Blora akan terjamin dibandingkan menggunakan pupuk kimia,” paparnya.

Di Blora, populasi sapi sangat tinggi, dalam satu hari satu ekor sapi dapat menghasilkan sedikitnya 10 kilo gram kotoran. Jika dikalikan jumlah sapi yang ada di Blora sudah berapa banyak kotoran sapi yang bisa dimanfaatkan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed