oleh

Penanaman Pohon di Area Mata Air Citeureup, FKBPPPN KBB Sebut Upaya Jaga dan Lestarikan Lingkungan

BANDUNG BARAT, KAPERNEWS – Dukung upaya pengendalian Iklim di Indonesia, FKBPPPN (Forum Komunikasi Bantuan Polisi Pamong Praja Nasional) DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Kabupaten Bandung Barat bersama KEPAL (Komunitas Peduli Lingkungan) dan Kepala Desa Ciptaharja melakukan penanaman pohon di area sumber mata air Citeureup, Desa Ciptaharja Kecamatan Cipatat, Minggu (19/11/2023).

Sedikitnya sekitar 99 pohon akan ditanam disekitaran sumber mata air Citeureup. Seperti pohon Mahoni, lengkeng dan buah-buahan lainnya yang berasal dari anggota POL PP Kabupaten Bandung Barat.

Mengangkat tema Menjaga Nusantara dengan Menanam Kebaikan, kegiatan penanaman pohon tersebut menurut Ketua FKBPPPN KBB, Usep Komarudin sejalan dengan Keputusan Presiden 24 Tahun 2008.

Dijelaskan Usep, bulan menanam pohon merupakan momentum strategis bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan. Serta kerusakan lingkungan lainya yang mengakibatkan perubahan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

Usep berharap kegiatan pelestarian mata air ini dapat menjadi bagian membangun budaya masyarakat yang peduli akan lingkungan.

“Saya berharap kegiatan penanaman pohon serentak se Indonesia ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, serta menumbuhkan semangat dan motivasi bagi masyarakat dan generasi muda untuk sama-sama berupaya menjaga dan memelihara dan melestarikan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Usep menyebut kegiatan penanaman pohon ini merupakan gagasan sederhana dan menjadi salah satu bukti eksistensi pihaknya kepada Pemerintah. Dimana dari ujung Aceh hingga Papua mendukung adanya kebijakan untuk kebaikan status kepegawaian Pol PP No PNS menjadi PNS agar disegerakan.

“Kita selalu berpikir keras untuk perjuangan tak kenal lelah untuk sebuah tujuan PNS harga jadi. Agenda tanam pohon yang merupakan simbol tanam kebaikan diharapkan membuka simpul-simpul yang selama ini ada. Kita buktikan kita bisa, kita tunjukkan kita semua satu dan bersaudara, kita semua mendapatkan restu dari bumi Pertiwi ini untuk mencapai tujuan bersama,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Ciptaharja, Idham Martadinata menyambut baik kegiatan penanaman pohon yang digelar di sumber mata air Citeureup di desanya.

“Saya merasa bangga karena teman-teman peduli lingkungan. Mudah-mudahan menjadi tolak ukur dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menyatakan kegiatan tersebut merupakan hal baru yang dilakukan di desanya. Untuk itu, Idham berharap kegiatan seperti dapat menjadi barometer bagi forum lainnya.

Hal senada dikatakan Ketua KEPAL (Komunitas Peduli Lingkungan, Deden. Dirinya mengucapkan terima kasih banyak atas kegiatan FKBPPPN akan hal kepedulian lingkungan dalam hal ini kelestarian sumber mata air Citeurep.

“Kedepan akan terus menggalakan hal ini, karena dengan cara ini mudah-mudahan bermanfaat bagi orang lain,” singkatnya.

(KAMIL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed