oleh

Lantik Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Bupati: Harus Mampu Berinovasi, Kreatif dan Cerdas

BLORA, KAPERNEWS.COM – Selang lima hari paska pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora 2021-2026 yang dijabat Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd. AUD, M.Pd. BI dilanjutkan dengan pelantikan pengurus TP PKK Kabupaten Blora yang dipimpin langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP, M.Si di pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jawa Tengah, Rabu (3/3/2021) kemarin. Pelantikan disaksikan oleh Sekda, OPD terkait dan perwakilan organisasi wanita se-Kabupaten Blora

“Dilantiknya Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten ini adalah langkah awal dan merupakan bagian dalam mewujudkan visi misi ke depan. Mari kita sesarengan mbangun Blora menuju masyarakat Blora yang unggul dan berdaya saing,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

Bupati meminta agar PKK bisa membangun sinergitas dengan Kepala Perangkat Daerah sebagai pembina Tim Penggerak PKK, berkoordinasi dan bekerja sama yang baik, bahu membahu mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Blora.

“PKK adalah gerakan yang mempunyai akar rumput sampai paling bawah, yaitu dasawisma. PKK juga mampu menggerakkan partisipasi dan pemberdayaan sampai tingkat yang paling kecil, yaitu keluarga. PKK adalah potensi yang harus dioptimalkan kekuatannya,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati berharap agar PKK bisa ikut mengambil peran untuk menyelesaikan berbagai persoalan di masa pandemi ini.

“Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum hilang walaupun vaksinasi sudah dimulai. Serentetan persoalan dan permasalahan hadir, antara lain kesehatan, ekonomi, pendidikan, lapangan kerja, anak, dan gizi,” paparnya.

Menurutnya, walaupun wabah yang ada sekarang ini adalah persoalan dunia, penuntasan Pekerjaan Rumah harus dilakukan dari mulai skala terkecil.

“Pekerjaan Rumah yang harus dituntaskan masih banyak, meliputi pengentasan kemiskinan, stunting, kekerasan terhadap anak dan perempuan, kenakalan remaja, pernikahan usia anak, lingkungan, UP2K, perekonomian perempuan, tingginya angka kematian ibu dan balita, problem ideologi, kependudukan dan masih banyak lagi. Kami berharap PKK bisa ikut mengambil peran,” tandasnya.

Bupati menambahkan, saat ini desa sedang mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) yang merupakan upaya terpadu mewujudkan percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di antaranya: Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas dan Desa berkesetaraan gender.

“Termasuk desa layak air bersih dan sanitasi, desa yang berenergi bersih dan terbarukan, pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, desa tanpa kesenjangan, kawasan pemukiman desa berkelanjutan, konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, oengendalian dan perubahan iklim oleh desa, ekosistem daratan desa, desa damai dan berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, dan kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif,” imbuhnya.

Dikatakannya, untuk mencapai tujuan tersebut disyaratkan PKK harus mampu berinovasi, kreatif dan cerdas.

“Tidak hanya pada level kabupaten tetapi sampai pada PKK tingkat desa. Karena PKK inilah yang menjadi motor penggerak untuk mewujudkan SDGs Desa tersebut. Kita akan dorong Pak Kapolres dan Pak Dandim agar Babinsa dan Bhabinkamtibmas bisa ikut terjun bersama PKK hingga tingkat desa. Selamat bertugas. Semoga sukses untuk bersama-sama mewujudkan Blora yang lebih baik. Bismillah,” ucapnya.

Sementara, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Blora yang baru dilantik, Hj. Ainia Shalichah
menyatakan kesiapannya untuk mendukung menyukseskan program pemerintah daerah.

Hj Ainia Shalichah beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora

“Kami dari PKK siap. Bismillah, semoga dengan kepengurusan yang baru, ke depan bisa lebih baik lagi. Kami paham dengan permasalahan yang ada di Blora. Oleh sebab itu akan kita garap bersama-sama. Mohon do’anya agar PKK Blora diberikan kelancaran dalam menjalankan tugasnya,” ujar istri Bupati Blora yang akrab disapa Bunda Ain ini.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed