oleh

Aksi World Clean Up Day 2021, Relawan Angkat 1 Ton Sampah Jembatan Kaliwangan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Dalam kegiatan peringatan World Clean Up Day 2021 (WCD) atau Hari Bersih-Bersih Sedunia yang bertemakan Bersatu untuk Indonesia Bersih, tim Relawan Blora mengangkat sekitar 1 ton sampah dari bawah jembatan Kali Lusi Kaliwangan, Blora, Jawa Tengah, Sabtu (18/9/2021) kemarin.

Eko Arifianto dan Relawan Blora

“Ada sekitar 35 karung sampah yang berhasil diangkat dari bawah jembatan Kaliwangan oleh teman-teman dari tim Relawan Blora. Dengan asumsi 1 karung berisi kurang-lebih 30 kilogram, maka 35 karung sejumlah 1.050.000 kilogram,” kata Eko Arifianto Koordinator Relawan Blora.

Tim Relawan
Blora memasukkan sampah ke kantong

Dikatakannya, dari temuan di lapangan, sampah yang diangkat berbagai jenis. Dari mulai sampah pasar hingga sampah rumah tangga.

“Campur aduk. Mulai popok, pembalut hingga saos mie ayam. Mulai sachet shampoo, bungkus deterjen, plastik makanan ringan, mie instant hingga tas sekolah. Kotor dan bau. Persis seperti lokasi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA),” ujarnya.

Penampakan sampah di bawah jembatan Kaliwangan

Dijelaskannya, hari kedua dari World Clean Up Day 2021 yang diadakan di Blora ini merupakan wujud gerakan sosial berbagi kesadaran kepada masyarakat global untuk membersihkan bumi dari sampah serta mengajak secara bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Alhamdulillah, saat ini pandemi sudah agak menurun. Seperti apa yang disampaikan Bu Wakil Bupati Blora saat menyampaikan sambutan peringatan WCD 2021 kemarin, semoga langkah kecil yang dilakukan ini terus bergulir menjadi sebuah gerakan bersama yang lebih besar. Kebersihan diri kita, kebersihan keluarga kita, lingkungan kita,” ucapnya.

Bahu-membahu melakukan pengangkatan dan pembersihan sampah

Dirinya menegaskan bahwa momentum hari peringatan World Clean Up Day tidak akan banyak berdampak bila kegiatan ini hanya dilakukan seremonial sehari setiap tahunnya.

“Ya, sebetulnya WCD ini kan hanya untuk penanda saja. Untuk mengingatkan bahwa ada yang harus kita cermati dan kita tanggulangi bersama. Karena seperti terorisme, sampah adalah permasalahan global yang dihadapi oleh semua orang dari berbagai belahan dunia,” tandasnya.

Sekitar 1 ton sampah diangkat dari bawah jembatan Kaliwangan Blora

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora Drs Sugiyono, M.Si melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun sekaligus Kepala Subbagian Program Sekretariat Dinas Lingkungan Hidup Retno Sulistiyaningsih, menyampaikan apresiasi atas partisipasi para relawan dan panitia WCD 2021 Blora.

Bersama mewujudkan Blora Bebas Sampah

“Luar biasa teman-teman relawan serta adik-adik World Clean Day 2021 Blora. Terima kasih banyak sudah berperan aktif dalam bersih-bersih Kali Lusi. Pasukannya tangguh luar biasa. Blora sangat membutuhkan panjenengan semua untuk mewujudkan Blora Green N’ Clean (Hijau dan Bersih),” ungkapnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih kemarin, selain enam orang perwakilan dari kepanitiaan WCD 2021 Blora dan seorang perwakilan dari Bank Sampah Induk (BSI) Blora, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) juga membantu menyiapkan kantong sampah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora menyediakan truk pengangkutan sampahnya.

(Abu Sahid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed