oleh

Gorong-Gorong Tersumbat Sebabkan Banjir, DPUPR: Jangan Buang Sampah di Jalanan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang lebih besar dan genangan air yang terjadi di kawasan kota Blora ketika hujan deras turun, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora melaksanakan giat membersihkan gorong-gorong di sepanjang jalan Wilis dan kompleks GOR Mustika Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (6/12/2021).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Samgautama Karnajaya melalui, Karwi selaku kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) jalan, jembatan dan irigasi wilayah I, bahwa pembersihan gorong-gorong merupakan program DPUPR untuk menormalisasi fungsi gorong-gorong, agar saat hujan turun, genangan air tidak terjadi lagi di kota Blora.

“Melihat kenyataan ini, wajar jika saat Kota Blora hujan sedikit saja di beberapa kawasan kota, airnya langsung meluber ke jalanan, sebab gorong-gorongnya memang tersumbat sampah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Karwi berharap warga masyarakat tidak sembarangan membuang sampah di jalanan, termasuk sampah bekas makanan kecil seperti bungkus plastik, dan sejenisnya. Pasalnya saat hujan, pasti sampah-sampah ini langsung masuk ke gorong-gorong yang lama-kelamaan tentunya akan membuat gorong-gorong tersumbat dan jelas bisa mengakibatkan banjir.

“Kami berharap masyarakat Kota Blora lebih tertib dengan membuang sampah pada tempatnya. Sebab jika tidak tertib saya yakin air meluber di jalan tinggal menunggu waktu saja,”tambahnya.

Sementara itu, Soeprijanto salah satu petugas DPUPR di lapangan, menyampaikan pembersihan gorong-gorong mulai dari sepanjang jalan gunung wilis dan kompleks GOR Mustika Blora.

“Dari dua titik yang dibersihkan, banyak sekali ditemukan sampah yang menyumbat seperti plastik, botol, dan batu. Sehingga hal inilah yang menjadi permasalahan jika terjadi hujan. Air sering meluber ke jalan, karena banyaknya sampah plastik yang masuk dan membuat air tak mengalir lancar,”paparnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed