oleh

Pemkab Pasangkayu Tandatangan MoU Dengan UNM, Untuk Tingkatkan SDM Berkualitas Yang Berdaya Saing

MAKASSAR, KAPERNEWS.COM –Bupati Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), H. Yaumil Ambo Djiwa dan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof.  Dr.  Ir.  H. Husain Syam, M. TP, IPU,  Wakil Rektor I, Prof. DR. Hasnawi Haris. M. Hum, serta sejumlah Dekan dan Direktur PPD dan  Ketua Lembaga Dalam Lingkup UNM Makassar. Lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Senin (14/02/2022) di Makassar.

Bupati Pasangkayu dalam sambutannya uraikan bahwa visi Pemerintah Kabupaten Pasangkayu adalah mewujudkan Pasangkayu yang lebih sejahtera, maju, dan bermartabat. Dimana didalamnya terkandung Misi, terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan daya saing, serta menguatnya tata kelola pemerintah yang bermartabat (Bersih, Efektif Dan Terpercaya).

Menurut Bupati Yaumil, UNM adalah adalah satu Perguruan Tinggi  (PT) yang menurutnya memiliki kapasitas dan kewenangan dalam penyediaan dan pengembangan kualitas SDM. Khususnya penyediaan alumni yang berprofesi  pendidikan dan tenaga kependidikan serta pelaksanaan penelitian dan kajian kebijakan pembangunan sesuai dengan keunggulan yang dimiliki.

“Kami berharap pengembangan Tri Dharma PT  Universitas Negeri Makassar, dapat diimplementasikan di Pasangkayu dalam  mendukung pelaksanaan visi-visi Pemerintah Kabupaten Pasangkayu 2021-2026, yaitu “Pasangkayu Yang Lebih Sejahtera, Maju Dan Bermartabat Yang Berlandaskan Keberagamaan, Yang Dengan Icon “Pasangkayu SMART,” tandas Bupati.

Untuk mendukung pengembangan kompetensi aparatur menurut Yaumil ia berharap dilakukan kerjasama untuk pelaksanaan pendidikan lanjutan pada jenjang Strata 2, Dan Strata 3, sesuai surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi  Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Pengembangan Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipil Melalui Jalur Pendidikan.

Lanjut Bupati Yaumil, Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Pasangkayu begitu luas dan potensial, khususnya di bidang perkebunan, peternakan, perikanan dan kelautan. Akan tetapi belum didukung oleh SDM yang memadai  pada semua sector. “Oleh karena Itu kami berharap dapat meningkatkan kemitraan dengan Perguruan Tinggi  dalam pemenuhan kebutuhan SDM sesuai bidang keahlian masing-masing, khususnya dalam penyediaan SDM dan kajian kebijakan untuk mengawal pembangunan 5 tahun yang akan dating,” tandas Bupati Yaumil.

Menurut Bupati Pasangkayu pula, bahwa Pasangkayu berada pada posisi daerah ALKI 2, dimana memiliki posisi strategis menjadi daerah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Memungkinkan adanya proyek-proyek strategis nasional di daerah ini, seperti  pelabuhan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pasangkayu, karena memerlukan persiapan yang matang.

Adapun Yang Ikut Mendampingi Bupati Pasangkayu, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, Dr. Badaruddin, S.Pd. M.Si, Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Imran Makmur, S.Pi.,M.Si),  Kepala Dinas Infokom, Statistik Dan Persandian, Suhardi, S.Pd), Kepala Badan BKDD, Andi Baso, S.Sos, Kabag Kerjasama, Abd. Kahar, S.P M.Si, Kabag Protokol Dan Komunikasi Pimpinan, Moh. Asis, SH, serta Kabag Pemerintahan, Muh. Abduh S.Pd , M. Si.

( Hms/KN )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed