oleh

Mengenal Mofiplan, Inovasi Mahasiswa IPB University yang Patut Diacungi Jempol

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat IPB University yang berjumlah empat orang, melakukan kegiatan pengabdian selama dua bulan di Cluster Halimun, Desa Cibatok 1, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Tim PKM-PM yang dibimbing oleh Hana Indriana, SP., M.Si. dan diketuai oleh Siva Nadia dengan tiga anggota yaitu Feni Apriyani, Zahra Firda Santoso, dan Yuli Yulianti atau lebih sering disebut Tim Mofiplan, mengajarkan ibu-ibu pengajian Cluster Halimun dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Tim Mofiplan meluncurkan program pengelolaan keuangan rumah tangga yang disebut Mofiplan (Monthly Financial Planning).

Mofiplan atau Monthly Financial Planning merupakan program pelatihan keuangan dengan metode pembagian pendapatan yang dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu: 50% untuk kebutuhan pokok 30% untuk keinginan pribadi 20% untuk tabungan dan tagihan Program ini menggunakan Dompet MOFIPLAN, Celengan MOFIPLAN, dan aplikasi pengelola keuangan Airtable sebagai alat bantu perencanaan keuangan rumah tangga.

Terdapat empat tujuan dalam program pengabdian masyarakat ini, yang pertama yaitu meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya pengelolaan keuangan untuk menjadi bekal agar dapat hidup mandiri dan tidak konsumtif di masa depan, yang kedua yaitu meningkatkan keterampilan kelompok sasaran mengenai pengelolaan keuangan, yang ketiga yaitu membantu memfasilitasi kelompok sasaran untuk memperoleh kesempatan dan ruang untuk belajar menyusun laporan keuangan, dan yang keempat yaitu membantu kelompok agar mampu memenuhi target menabung setiap bulannya.

Program ini telah berhasil dilaksanakan terhitung selama dua bulan semenjak awal bulan Juli hingga awal bulan September. Program ini sukses dilaksanakan atas dukungan dari dosen pendamping, juga partisipasi aktif dari kelompok sasaran sendiri yaitu ibu-ibu pengajian Cluster Halimun.

“Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti program Mofiplan yaitu saya bisa mengatur keuangan secara mendetail, menyisihkan keuangan untuk tabungan, mencatat pengeluaran-pengeluaran, serta mempunyai tabungan untuk dana-dana tak tentu,” ucap Ibu Desi, Ketua Kelompok Pengajian Cluster Halimun.

Tepat pada hari Rabu, 7 September 2022, program ini resmi ditutup. Penutupan program ini dihadiri oleh kelompok sasaran yaitu ibu-ibu pengajian Cluster Halimun, beserta dua mitra yaitu dari Satuan Unit Usaha (SUA FEMA) dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Bersamaan dengan ditutupnya program ini, dengan itu diresmikan juga Klinik Mofiplan yang merupakan keberlanjutan dari program ini. Klinik Mofiplan sendiri merupakan komunitas turunan dari Tim Mofiplan yang berfokus pada pengelolaan finansial yang dikelolola oleh ibu-ibu pengajian Cluster Halimun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed