oleh

Mahasiswa IPB Cetuskan Caksara, Media Pembelajaran untuk Bantu Kesulitan Belajar di SDN Ciasmara 04

BOGOR, KAPERNEWS.COM – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) IPB University tahun 2022 yang beranggotakan empat mahasiswa mencetuskan metode pembelajaran unik dan menarik berbasis Index Card Match. Metode pembelajaran tersebut diberi nama Cakra Nusantara (Caksara).

Cakra Nusantara merupakan permainan papan jelajah dengan tema dan desain yang berkaitan dengan wilayah serta budaya yang ada di Indonesia. Sementara itu, pelaksanaan metode pembelajaran Index Card Match yaitu dengan mencocokkan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban.

Harapannya, dengan metode pembelajaran tersebut dapat memicu semangat belajar siswa untuk memecahkan soal, melatih daya ingat, mengatasi kejenuhan dalam belajar, serta melatih kecermatan siswa dalam mencari pasangan pertanyaan dan jawaban yang tepat.

Implementasi metode pembelajaran Cakra Nusantara diterapkan di SD Negeri Ciasmara 04. SD Negeri Ciasmara 04 merupakah salah satu sekolah dasar di Kota Bogor, tepatnya terletak di Kp. Cigarehong RT 04 RW 08, Kelurahan Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang berakreditasi B.

Fasilitas yang terdapat di SD Negeri Ciasmara 04 dapat dibilang seperti kebanyakan fasilitas di sekolah dasar lainnya, seperti ruang kelas 1-6, ruang guru, WC, meja, kursi, papan tulis, dan lain sebagainya. Namun, yang membedakan dengan sekolah lain, SD ini belum memiliki ruang perpustakaan untuk kegiatan literasi. Sebanyak 32 siswa dari 51 siswa gabungan kelas 2 dan 3 tahun ajaran 2022/2023 belum fasih dalam membaca.

Hal inilah yang mendorong Tim PKM-PM Caksara mencetuskan media pembelajaran untuk membantu siswa-siswi di SD Negeri Ciasmara 04 yang masih kesulitan tersebut.

“Mengingat bahwa kelas tingkat rendah merupakan dasar penentu keberhasilkan pembelajaran kelas-kelas di atasnya, harapan saya semoga dengan adanya media pembelajaran Cakra Nusantara ini bisa membantu kami selaku guru untuk mengajar di kelas rendah agar dapat mengatasi kesulitan belajar membaca,” tutur Iyar, wali kelas 2 SD Negeri Ciasmara 04.

Saat ini, tim PKM-PM Caksara yang diketuai oleh Fenty Wurni Asih dan ketiga anggotanya yaitu Aldila Widya Putri Oktavia, Ramzani Lutfi Syarifah, dan Leica Agis Al Barra sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan Cakra Nusantara hingga tahap level 3.

Level 4 akan berlangsung pada 7 Agustus hingga 11 Agustus 2022. Kegiatan turun lapang di SD Negeri Ciasmara 04 akan berakhir pada 14 Agustus 2022.  Fenty Wurni Asih, Ketua Tim PKM-PM Caksara, mengatakan bahwa Caksara hadir untuk memberi warna bagi metode belajar anak-anak sekolah.

Media bermain Caksara terdiri dari berbagai sub-alat yang membuat alat peraga ini semakin menarik untuk dimainkan. Selain itu, konsep desain Nusantara menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian siswa sehingga diharapkan dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mereka.

MHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed