oleh

Mahasiswa KKN-T IPB University Desa Cijengkol Gelar Sosialisasi Penanganan Sampah dan Pengembangan Pertanian

SUBANG, KAPERNEWS.COM – Kelompok KKN-T IPB Desa Cijengkol sukses mengadakan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pada Senin, 25 Juli 2022 yang dilaksanakan di Gedung Olahraga Mandala Putra Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Kegiatan ini mengangkat topik mengenai penanganan sampah dan pengembangan pertanian.

Sosialisasi dan Demonstrasi ini dihadiri oleh berbagai mitra dan tamu undangan yaitu seganap perangkat Desa Cijengkol, kepala dusun, Ketua RT dan RW, Karang Taruna, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Serangpanjang, serta Kelompok Tani Desa Cijengkol.

“Kegiatan ini merupakan bentuk upaya kami untuk bisa mengembangkan potensi sektor pertanian serta dapat menangani permasalahan sampah yang ada di Desa Cijengkol dengan beberapa aksi yang kami buat. Harapannya dengan aksi ini menjadi pemantik bagi aparat serta masyarakat desa dalam mengembangkan pertanian di Desa Cijengkol,” kata Ketua Kelompok KKN-T Desa Cijengkol, M. Fadil Muharram.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa Cijengkol, Ramdani mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN-T IPB University yang telah mengabdi dan menjalankan program selama lebih kurang sebulan di Desa Cijengkol. Mahasiswa KKN-T IPB University telah mengembangkan sektor pertanian yang menjadi sektor utama di Desa Cijengkol.

Terdapat dua inti acara dalam kegiatan ini yaitu pemaparan materi dengan topik penanganan sampah dan pengembangan pertanian yang meliputi pemutaran video pembuatan pestisida nabati serta demontrasi pembuatan PGPR untuk pertanian. Kegiatan kedua yaitu penyerahan tempat sampah sebagai penanganan sampah kepada perwakilan desa yaitu Ketua PKK Desaa Cijengkol Cucu Herawati serta penyerahan beberapa produk pertanian yaitu buku saku ‘Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Pertanian’, PGPR, dan Pestisida Nabati untuk para petani Desa Cijengkol yang diserahkan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Serangpanjang, Evi Rahayu, SP, MM.

“Saya sangat mengapresiasi dan memberikan nilai plus kepada mahasiswa KKN IPB, Karena apa yang diberikan dan disosialisasikan kepada masyarakat/petani sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi oleh mereka, Mudah mudahan dikemudian hari ade-ade dapat menerapkan semua pengalaman dan ilmu masyarakat yang sudah didapat selama melaksanakan KKN apapun disiplin ilmunya”, ujar Ibu Evi Rahayu, SP, MM. sebagai Koordinator Penyuluh Pertanian Serangpanjang.

Kegitan ini diakhiri dengan sesi dokumentasi dan pemberian hadiah kepada para penanya yaitu benih-benih tanaman dari IPB University. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan mendorong ide, kreativitas serta kemandirian perangkat desa dan masyarakat Desa Cijengkol dalam kelestarian lingkungan dan pertanian.

(MHT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed