oleh

Mahasiswa KKN-T IPB di Mertapada Kulon Ajak Ibu Hamil Ngumpul, Ini yang Dilakukan

CIREBON, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa IPB University lakukan program “Ngumpul Ibu Hamil Desa Merkul edisi penyuluhan terkait gizi seimbang, pemberian makanan tambahan, dan urgensi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sebagai upaya pencegahan anak stunting” yang merupakan rangkaian kegiatan KKN-T yang sedang dilaksanakan selama beberapa waktu kedepan di Desa Mertapada Kulon, Cirebon.

Kelompok mahasiswa KKN-T yang sedang melakukan tugas di Desa Mertapada Kulon terdiri atas Muhammad Zaidan Ahsan, Ridho Utama Yusuf, Wani Da’tusalamah, Sanaya Nafa Adhira, Puspita Annahal, Rizma Maliyatuz Zakiyyah, Syifa Istighfarani, dan Muhammad Hizbullah Jaabir. Kegiatan penyuluhan kepada ibu hamil dilakukan di Posyandu Nusa Indah 2, Dusun Buntet Pesantren, Desa Mertapada Kulon pada Hari Kamis, 21 Juli 2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu hamil serta didampingi oleh kader posyandu, bidan desa, ahli gizi puskesmas, serta koordinator TPD/PLKB Kabupaten Cirebon.

“Kegiatan penyuluhan yang dilakukan juga beririsan dengan program posyandu yang sedang dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan agar fungsi 5 meja posyandu juga berjalan sebagaimana mestinya. Penyuluhan yang dilakukan kepada ibu hamil menjadi salah satu aspek penting atas 5 sasaran prioritas dalam pencegahan stunting, dimana ada remaja putri, anak 0-59 bulan, ibu menyusui, calon pengantin, dan ibu hamil. Materi penyuluhan yang diberikan terkait gizi seimbang, pemberian makanan tambahan terkait status gizi, dan urgensi 1000 hari pertama kehidupan (HPK),” ungkap Zaidan selaku ketua kelompok mahasiswa KKN-T IPB University.

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa IPB yang sudah memberikan ilmunya kepada saya ibu hamil, materi yang disampaikan sangat mudah dipahami dan apa yang belum saya ketahui sebelumnya dijelaskan secara baik. Setelah penyuluhan juga diberikan leaflet tentang penjelasan stunting, gizi seimbang, 1000 HPK, dan menu pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil,” jelas salah satu ibu hamil peserta penyuluhan.

Saat bersamaan juga diselenggarakan kegiatan puslinh atau puskesmas keliling, sehingga dalam satu lokasi dan waktu yang bersamaan kegiatan yang dilaksanakan dapat saling mengisi, mendukung, dan melengkapi satu sama lain untuk mendukung program besar kesehatan dan upaya penurunan stunting di Desa Mertapada Kulon. Menurut Koordinator TPD/PLKB Kabupaten Cirebon Luthfi bahwa, “kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa IPB terkait penyuluhan advokasi di posyandu kepada ibu hamil hasilnya bagus dan tepat sasaran serta penyampaiannya sangat baik dan mudah diterima oleh peserta sasaran”.

“Harapannya dari kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat berkelanjutan serta memberikan dampak positif bagi ibu hamil di Desa Mertapada Kulon untuk bersama menerapkan pola makan gizi seimbang, memaksimalkan 1000 HPK dengan pemberian ASI eksklusif, periksa kehamilan rutin, penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), dan rutin datang ke Posyandu,” ungkap Zaidan.

Muhammad Zaidan Ahsan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed