oleh

Mahasiswa KKN-T IPB Sosialisasikan PMK dan Pengonsepan Kandang Komunal di Desa Dukuhtengah

BREBES, KAPERNEWS.COM – Sosialisasi PMK dan pengonsepan kandang komunal dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2022 pukul 20.00-22.00 WIB dan dihadiri oleh 12 orang warga yang berkecimpung di bidang peternakan. Kegiatan ini terdiri dari penjelasan tentang wabah PMK yang sedang marak terjadi, memaparkan dan menampilkan konsep kandang komunal, dan diakhiri dengan sesi diskusi.

Sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi mengenai wabah PMK yang meliputi ciri-ciri, gejala, cara penularan, pencegahan dan pengendalian serta menciptakan lingkungan peternakan rakyat yang bersih dan sehat melalui kandang komunal.

Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat sambutan baik dari Kepala Desa, Ketua RT, dan warga setempat. Beliau mengatakan bahwa, “Mayoritas penduduk Desa Dukuhtengah sendiri berprofesi sebagai peternak yang mana permasalahan utamanya adalah letak kandangnya yang masih kurang tepat seperti berada di samping rumah penduduk serta kotorannya yang belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan solusi bagi permasalahan ini”.

Rangkaian pertama dari kegiatan sosialisasi ini yaitu pemaparan materi mengenai wabah PMK yang meliputi ciri-ciri, gejala, cara penularan, pencegahan dan pengendalian. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan mengenai kandang komunal dan menampilkan video desain serta denah kandang. Setelah pemaparan selesai, selanjutnya diisi dengan diskusi yang mana salah satu warga yang hadir bertanya tentang pencegahan dari wabah PMK tersebut.

Dari pertanyaan yang diajukan, beberapa mahasiswa KKN-T IPB memberikan jawaban tentang pencegahan wabah PMK melalui vaksinasi bagi ternak yang sehat. Di penghujung acara, ditutup dengan sesi foto bersama dengan Kepala Desa, Ketua RT, dan warga yang hadir. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed