oleh

Buka LKS Tingkat Kabupaten, Bupati Ajak SMK Tingkatkan Vokasi Untuk Cetak Generasi Siap Kerja

BLORA, KAPERNEWS.COM – Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, pada hari Rabu (16/3/2022) membuka Lomba Kompetensi Siswa ke 30 Tingkat Kabupaten Blora, di SMK Negeri 1 Cepu yang diikuti oleh SMK se kab Blora baik Negeri/Swasta, setidaknya ada 25 bidang yang diikuti, 16 dilombakan dan 9 tidak dilombakan.

Acara Lomba Kompetensi Siswa Ke- 30 Tingkat Kabupaten Blora ini dikuti setidaknya 54 Sekolahan dengan mengikutkan sejumlah mata lomba dengan sesuai jurusan yang dilombakan.

Bupati H. Arief Rohman dalam sambutannya mengapresiasi setinggi-tingginya, atas dedikasi sumbangsih SMK dalam memajukan SDM di Blora.

Bupati Arief Rohman

“Ke depan lulusan SMK diharapkan selalu berkontribusi untuk pembangunan di Blora, SMK lulus sekolah harus siap Kerja,” jelas Bupati saat membuka Lomba Kompetensi Siswa Ke- 30 Tingkat Kabupaten Blora di SMK N 1 Cepu.

Menurut Bupati, setelah lulus dari SMK ini para siswa yang tidak meneruskan bisa memberikan solusi dan tidak menambah problem di masyarakat sehingga keberadaan SMK ini harus menjadi solusi dalam penyerapan tenaga kerja.

“Pemkab terus berupaya dalam mendatangkan investor agar lulusan SMK ini langsung bisa diterima di dunia usaha, oleh karena itu kira kira apa yang bisa di sinergikan, peluang apa yang bisa di ambil nanti kita diskusi, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja dari lulusan SMK ini,” tuturnya.

Bupati ingin pelajar yang punya kemampuan skill secara intelektual, nilai bagus, namun secara ekonomi kurang, perlu dilakukan vokasi, peluang meyekolahakan anak anak kita, dan dikasih beasiswa,

“Kemarin saya sudah zoom dan berdiskusi dengan UGM, salah satunya dalam pengembangan peternakan di Blora ini, nah dari MKKS ada yang mau ikut datang silahkan nanti ikut merancang sekolah sekolah vokasi yang cocok untuk di Blora,” ucap Bupati.

Kedepan pihaknya ingin, SMK ini bisa hadiri dan memberikan memanfaatkan untuk masyarakat.

Sementara itu, Bagus Darmawan ketua Panitia Lomba Kompetensi Siswa salah satu upaya dalam meningkatkan SDM yang ada di Kabupaten Blora.

“Sebelum diadakan lomba udah dilakukan technical meeting, dan sosialisasi pada sebelumnya,” ucapnya.

Bagus menjelaskan tujuan lomba dilakukan dengan mendorong kualitas kegiatan belajar mengajar, dalam sesuai kopentensi yang berlaku, tak hanya itu, kegiatan ini juga dimaksud untuk mencetak kualitas dan mempromosikan ketrampilan siswa SMK didunia industri.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan semangat para siswa dalam menunjukan ketrampilan yang sudah dipelajari selama ini,” tuturnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Ketua MKKS Kabupaten Blora, Pengawas SMK Kab Blora, Kepala Sekolah dan Guru Pendamping.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed