oleh

Wabup Dorong Pasar Krempyeng Rejo Karangboyo Jadi Contoh Kebangkitan UMKM Daerah

BLORA, KAPERNEWS.COM – Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., pada Minggu (27/3/2022) berkunjung ke Pasar Krempyeng Rejo yang ada di Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu. Di sini, Wabup yang akrab disapa Mbak Etik ini tampak antusias berkeliling memantau aktifitas jual beli produk UMKM yang dilakukan masyarakat, sembari ikut berbelanja dan sarapan pagi.

Dengan didampingi sang suami, Yusuf Ismail, Mbak Etik sempat membeli sejumlah ikan asap dan kudapan tradisional berupa aneka macam gethuk.

Mbak Etik dan suami di Pasar Krempyeng Rejo Karangboyo

Rupanya di Pasar Krempyeng Rejo ini banyak disajikan berbagai menu makanan karya masyarakat Karangboyo, seperti garang asem, nasi pecel, nasi kuning, sayur khas pedesaan, serabi, gado-gado, mainan anak, aneka kue tradisional dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan seni tari barong yang merupakan kesenian khas Blora. Sebagai langkah mengenalkan kesenian barong ke masyarakat, dan menjadi daya tarik tersendiri di Pasar Krempyeng.

Ardy Afandi, salah satu penggagas Pasar Krempyeng Rejo bersama Karang Taruna Bhakti Muda Mandiri, mengatakan kepada Wakil Bupati bahwa kegiatan ini dimulai sejak 9 Januari 2022 dan buka setiap hari Minggu.

“Awal buka dahulu hanya sekitar 30 pedagang, sekarang setelah tiga bulan mencapai 60 pedagang lebih. Semua pedagang adalah warga Karangboyo. Setiap Minggu buka 05.30 WIB sampai 10.00 WIB. Sedangkan bulan depan saat Ramadhan rencananya akan kita buka sore menjelang buka puasa. Terimakasih Bu Wabup yang telah bersedia hadir untuk berbelanja dan memberikan motivasi kepada warga Karangboyo,” ungkap Ardi.

Adapun Wabup Tri Yuli sangat mengapresiasi pendirian Pasar Krempyeng Rejo di Kelurahan Karangboyo yang tidak jauh dari Hotel Ammi ini. Menurutnya pasar ini merupakan wujud kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang sejak 2020 lalu telah membatasi aktivitas ekonomi.

“Selain kebangkitan ekonomi, juga membangkitkan sektor UMKM yang ada di Karangboyo dan sekitarnya. Yang penting tetap prokes dan jaga kebersihan lingkungan setelah berjualan nggih. Kami bersama Pak Bupati siap mendukung adanya Pasar Krempyeng Rejo ini. Semoga ini menjadi contoh untuk kelurahan dan desa lainnya,” ucap Wabup Tri Yuli.

Lewat Pasar Krempyeng ini, menurutnya juga bisa menjadi ajang silahturahmi masyarakat.

“Ayo kita borong bersama, dari kita untuk kita. Ayo kita beli produk lokal, produk asli Kabupaten Blora,” tambahnya.

Usai sambutan, dilanjutkan pentas seni barongan Krido Mudo dari Dukuh Tambakwatu, Karangboyo. Tampak hadir juga Sekcam Cepu, dan Lurah Karangboyo. Masyarakat tampak antusias mengikuti gelaran Pasar Krempyeng ini.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed