oleh

Bimtek Manajemen Peternak dan Kesehatan Hewan, Kadinas: Penyakit Mulut Kuku Ternak di Blora 10 Positif 1 Suspect

BLORA, KAPERNEWS.COM – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar H. Firman Soebagyo melakukan reses ke Blora dalam rangka Bimbingan Teknis Manajemen Peternak dan Kesehatan Hewan yang digelar di Hotel Al Madina lantai III Blora, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2022).

Dalam melakukan komitmen dan kesepakatan dari komisi IV DPR-RI bersama pemerintah melakukan bimbingan teknis manajemen peternak dan kesehatan hewan. Dikarenakan Blora merupakan salah satu daerah yang potensi peternakannya menjadi penyangga kebutuhan daging atau ternak nasional.

“Saat ini yang menjadi isu globalisasi ekonomi tidak hanya menjadi tantangan tapi juga peluang, bila kita mampu berkompetisi, kita mampu bersaing maka kita bisa merebut pasar-pasar lainnya,” terangnya.

Firman menambahkan, persaingan yang perlu diwaspadai sekarang ini bukan peternak dari Indonesia sendiri, melainkan dari luar.

“Di Timur Tengah itu sudah ada peternak, sehingga Blora tidak boleh tertinggal. Minimal kita bisa memenuhi kebutuhan nasional. Untuk mensuplai kebutuhan daging di Indonesia, Jakarta, baru ada di Sumatera kemudian provinsi lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, R. Gundala Wijasena menyampaikan, dirinya melakukan sosialisasi secara langsung kepada petani atau organisasi-organisai yang terdata, sehingga membuat WhatsApp Group agar tepat sasaran.

“Di Blora sendiri sudah ada kasus di beberapa tempat, dari sebelas sampel sepuluh positif dan satu terjangkit suspect,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan, masyarakat tidak perlu khawatir bila mempunyai hewan ternak dengan ciri-ciri luka di mulut, hidung dan kaki (PMK).

“Penyakit (PMK) bisa disembuhkan, dan kita menunggu pemerintah memberikan vaksinasi yang akan disebarkan di seluruh daerah yang membutuhkan,” pungkasnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed