oleh

Optimalisasi Tata Kelola BUMD, Blora Belajar ke Kulonprogo

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Blora (Pemkab Blora) terus bergerak untuk optimalisasi BUMD. Setelah studi tiru ke Magelang, Pemkab Blora lanjut belajar tata kelola BUMD yang baik ke Kabupaten Kulonprogo, Kamis (9/6/2022).

Untuk diketahui, Kabupaten Kulonprogo selama tiga tahun berturut-turut peroleh penghargaan BUMD Award atas kinerja dari BUMD yang ada.

Untuk itu, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM, sempatkan untuk studi berkaitan peraturan-peraturan Bupati yang mengatur BUMD serta tata kelola BUMD di kabupaten tersebut.

Ikut mendampingi Sekda Kabupaten Blora, Asisten II , Staf Ahli Bupati, beberapa Kepala OPD dan pimpinan BUMD di Blora. Rombongan diterima oleh PJ Bupati Kulonprogo Drs. Tri Saktiyana, M.Si, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, dan pimpinan BUMD Kulonprogo.

“Kami dari jajaran Pemkab Blora ingin mendapatkan beberapa ilmu terkait BUMD dengan Pemkab Kulonprogo. Harapannya dari BUMD Blora bisa meniru dan menerapkannya,” terang Mbak Etik, panggilan akrab sehari-hari Wabup Blora.

Menurutnya, BUMD di Blora diharapkan mendorong perekonomian daerah dan
peningkatan pendapatan bagi daerah, untuk itu Blora bergerak cepat.

Dengan studi dan optimalisasi BUMD guna mendorong perekonomian daerah dan
peningkatan pendapatan daerah

Ditandaskan, regulasi yang tepat dan sesuai diperlukan agar BUMD yang ada di Kabupaten Blora bisa maju. “Regulasi sangatlah penting. Regulasi harus jelas dan tepat,” ujarnya.

Sementara itu, PJ Bupati Kulonprogo, Drs. Tri Saktiyana, secara singkat bagi-bagi ilmu tata kelola BUMD di wilayahnya.

Dikatakan, dalam pengelolaan BUMD tentu perlu memperhatikan adanya regulasi-regulasi yang berlaku. Termasuk di dalamnya proses bisnis penyertaan modal maupun pola pembinaan pengawasan BUMD.

Disampaikan, di Kabupaten Kulonprogo terdapat beberapa BUMD yang kini semakin berkembang. Di antaranya Perumda Air Minum Tirta Binangun yang kini juga bergerak dalam bidang air minum dalam kemasan. Juga Perumda Bank Kulonprogo, Perumda Aneka Usaha Kulonprogo, serta PT Selo Adikarto.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed