oleh

Ruwatan Suran Ageng Sedulur Sikep Karangpace Kembali Digelar

BLORA, KAPERNEWS.COM – Setelah vakum akibat pandemi selama dua tahun, akhirnya tradisi Ruwatan Suran Ageng kembali dilaksanakan sedulur sikep Kampung Samin Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo pada Senin malam (1/8/2022).

Bertempat di komplek Pendopo Kampung Samin Karangpace, tradisi ini diawali dengan kenduri besar dengan makan nasi tumpeng bersama-sama usai didoakan oleh sesepuh adat. Berdoa untuk keselamatan dan kelestarian alam, agar jauh dari segala bentuk bencana.

Dilanjutkan dengan pertunjukan pentas wayang kulit, dengan menghadirkan dalang Ki Sindhunata Gesit Widiharto, S.Sn., M.Sn., dari Semarang, dengan lakon Semar Mbangun Kahyangan.

Tidak hanya anggota paguyuban sedulur sikep saja yang hadir dalam acara ini. Banyak tokoh lintas agama, lintas budaya dan etnis yang hadir dari berbagai wilayah. Seperti sedulur baduy, sedulur Bali, sedulur Tengger, sedulur Dieng, dan masyarakat sekitar.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang hadir bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dan Wakapolres Kompol Christian Chrisye Lolowang, SH., SIK., MH., ini, mengapresiasi atas terselenggaranya kembali ruwatan ageng sedulur sikep. Pihaknya berharap tradisi ini bisa menjadi event tahunan sekaligus daya tarik wisata budaya di Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah, sampun dangu Mbah Lasiyo (sesepuh adat sedulur sikep Karangpace) mboten wayangan. Sakniki saged wayangan malih. Ngruwat bumine sekaligus nglestarike adat seni budaya tinggalan para leluhur. Semoga agenda ini kedepan bisa kita dukung bersama menjadi event tahunan,” ucap Bupati.

Melalui tradisi ini, menurut Bupati, warga Kabupaten Blora bisa semakin erat persaudaraannya. Guyub rukun berkumpul bersama dalam melestarikan tradisi budaya lokal.

“Ini luar biasa, banyak yang hadir, tidak hanya warga Blora saja, namun juga ada sedulur sikep dari luar Blora. Tadi ada Mas Gunretno dari Pati juga. Kita bersilahturahmi membangun kebersamaan. Mohon doanya juga agar pembangunan Blora ke depan bisa lebih baik,” tambah Bupati.

Sementara itu, Mbah Lasiyo, selaku sesepuh sedulur sikep Karangpace, mengaku senang dan berterimakasih atas kehadiran Bapak Bupati lengkap dengan Bu Wakil Bupati dan Pak Wakapolres.

“Sore wau kula angsal kabar bilih Pak Bupati tesih wonten Jakarta sowan Pak Menteri Perdagangan. Lha kok dalu sampun dugi mriki. Alhamdulillah, saged rawuh. Mugi-mugi Pak Bupati diparingi sehat seger waras kagem mimpin kita sedaya,” ucap Mbah Lasiyo dalam bahasa Jawa.

Mbah Lasiyo kemudian menjelaskan bahwa tradisi ruwatan sedulur sikep di Karangpace, Klopoduwur ini memang rutin dilaksanakan setiap bulan Suro (Muharram).

“Rutin diselenggarakan tiap malem Selasa Kliwon, yang kali ini tepat tanggal 1 Agustus 2022. Sebagai bentuk rasa syukur di bulan Suro, membuka laku tahun baru setelah melakukan tirakat dengan laku deder dan ngrowot. Warga yang punya hajat biasanya yang membawa nasi tumpeng (brekat) dengan dibungkus daun jati. Tadi didoakan bersama dan dimakan bareng-bareng di Pendopo,” terangnya.

Acara ini juga terbuka untuk umum, sehingga masyarakat diperbolehkan bergabung untuk nyengkuyung bersama. Tampak hadir Riyanta Anggota DPR RI, Padmasari Mestikajati DPRD Jateng, Kang Gunretno sedulur sikep Pati, Gus Lukman Semarang, dan para Kepala Dinas, hingga budayawan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed