oleh

Tembakau Desa Tlilir Berpotensi Memasuki Pasar Negara Rusia

TEMANGGUNG, KAPERNEWS.COM – Pengusaha tembakau asal Rusia mengunjungi Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, untuk melihat dari dekat tembakau Srinthil yang dikenal sebagai tembakau berkualitas terbaik di dunia, Kamis (18/8/2022).

Sebagai pengusaha tembakau, Andrey dan Sergey, nama kedua pengusaha Rusia yang telah berkeliling ke sentra tanaman tembakau dunia seperti Meksiko, Equador, Brasil, Kepulauan Canari maupun Kuba menunjukan kekaguman dan ketertarikan terhadap tembakau Srinthil.

Selama di Desa Tlilir, kedua pengusaha Rusia mengunjungi lahan tanaman tembakau dan melihat proses produksi mulai pemetikan, perajangan, penjemuran hingga merasakan rasa dan aroma tembakau Desa Tlilir khususnya Srinthil. Di akhir kunjungannya dilakukan FGD antara Kelompok Tani, Perangkat Desa bersama pengusaha Rusia membahas potensi aspek produksi hingga tata niaga dalam upaya eksport tembakau Desa Tlilir ke negara Rusia.

Menurut Andrianto selaku pemandu kedatangan pengusaha tembakau Rusia ke Desa Tlilir ini tidak terlepas dari jalinan komunikasi dengan Diaspora di Rusia.

“Melalui Diaspora Rusia inilah kami di Temanggung dapat memberikan rekomendasi mengenai lokasi/ sentra tanaman tembakau terbaik sekaligus memberikan fasilitasi pelayanan kunjungan usaha bagi pengusaha Rusia ini. Besarnya minat dan ketertarikan pengusaha Rusia atas tembakau Srinthil ini telah diagendakan pertemuan melalui zoom oleh Ketua Diaspora Rusia untuk menjajaki terbukanya pasar di negara Rusia bagi tembakau dari Desa Tlilir”, kata Andrianto yang juga merupakan Ketua Lingkar Studi Pemberdayaan Perdesaan (LSPP), Jumat (19/8/2022).

Sebagaimana diketahui bahwa Diaspora adalah perantau atau orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke negara lain guna mencari kehidupan yang lebih baik seperti memaksimalkan kapital/ kekayaan maupun ilmu pengetahuan.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed