oleh

Pengurus Baru Dilantik, Baznas Blora Diminta Optimalkan Potensi Zakat Hingga Rp 1 Milyar Per Bulan

BLORA, KAPERNEWS.COM – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora periode 2022-2027, baru saja dilantik Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, pada Jumat (4/11/2022). Pengurus baru tersebut diminta optimalkan potensi zakat di Blora hingga di atas Rp 1 milyar per bulan.

Pengurus Baznas yang dilantik Bupati di ruang Pertemuan Setda Blora tersebut, masing-masing, H Sutaat S.Pd (Ketua), Widodo M.Pd (Wakil Ketua I), Nur Rokhim S.Pd (wakil ketua II), Imam Suyono M.Ag (wakil ketua III) dan H Abdul Halim, M.Hi (Wakil ketua IV).

Bupati yang akrab disapa Mas Arief berharap, ke depannya zakat yang ada di Blora bisa mencapai lebih dari satu milyar setiap bulannya. Dikemukakan, di Kabupaten Blora masih banyak potensi zakat yang masih bisa digali.

“Ini menjadi tantangan bagi kita kalau mungkin sekarang per bulannya sekitar 700 juta, kalau bisa nanti ditingkatkan di atas Rp 1 milyar. Nanti coba kita diskusikan polanya seperti apa, rumusannya seperti apa. Dari Pemda akan mendukung apa yang menjadi program Baznas ke depan,” terang Mas Arief.

Selain menggali potensi zakat dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora, Lanjut Mas Arief, perlu juga menggali potensi-potensi lainnya yang bisa meningkatkan perolehan zakat di Blora.

“Di Blora ini pengumpulan zakat ASN ini baru dari gaji pokoknya saja, mungkin nanti bisa kita mulai termasuk nanti TPP dan sebagainya. Kalau memang ada kesadaran kita sosialisasikan, kita awali dari pimpinan dulu Kepala OPD, untuk memberikan contoh,” tambahnya.

Bupati mengungkapkan, keberadaan zakat yang dikelola Baznas sangatlah penting, sehingga bisa untuk mendorong perekonomian masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan juga membantu pemerintah, dalam hal penanganan masalah sosial. Yang tidak bisa langsung ditangani APBN dan APBD, bisa ditangani Baznas Kabupaten.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Blora, saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Baznas Blora periode 2018-2022 atas semua kinerjanya yang sangat luar biasa. Selamat kepada pengurus Baznas Blora periode 2022-2027, semoga bisa meneruskan program program Baznas sebelumnya.

“Kinerjanya bisa ditingkatkan lagi hingga keberadaanya dapat senantiasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Bupati Arief.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah Dr. KH Ahmad Darodji, mengatakan, Baznas Blora merupakan lembaga pemerintah. Sehingga diharapkan dapat turut membantu program pemerintah, di mana salah satunya berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

“Gali potensi zakat di Blora untuk membantu Pak Bupati, kemiskinan di Blora ini masih cukup tinggi, dan cakupan Baznas ini termasuk untuk pengentasan kemiskinan juga,” terangnya.

KH Ahmad Darodji mengapresiasi kepengurusan Baznas Blora periode sebelumnya yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Insyaallah di bawah kepemimpinan yang lalu, Baznas Kabupaten Blora sudah bagus, tetapi kepengurusan ke depan harus lebih bagus,” paparnya.

(Abu Sahid/ Eko Arifianto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed