oleh

Mahasiswa KKNTI IPB Kelurahan Curug Mekar Gelar Seminar Genting, Aksi Nyata Demi Wujudkan Indonesia Berprestasi

BOGOR, KAPERNEWS.COM – IPB University adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang turut untuk berkontribusi dalam pencegahan Stunting di Kota Bogor, salah satunya melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Inovasi di Kota Bogor tepatnya di Kelurahan Curug Mekar, Bogor Barat.

Tim 28 Bogor Kota KKNT Inovasi IPB University terdiri dari 10 orang yang diketuai oleh Made Parestiana dengan anggota Juliana Sormin, Dwi Zahra, Okzannuba Defrin, Tias Amalia, Dwi Saputra, Reinhart Hasudungan, Wais Abdullah, Khalisah, dan Adelia Novta.

KKNT Inovasi yang dibimbing oleh Lindawati Kartika, S.E, M.Si ini melaksanakan seminar secara luring terkait aksi pencegahan stunting.

“Pada tanggal 8 Juli 2023 telah dilaksanakan program kerja pertama dari tim KKN-T Inovasi Kelurahan Curug Mekar yaitu kegiatan seminar luring dengan tema Aksi Nyata Tolak Stunting Demi Wujudkan Indonesia Berprestasi,” kata Parestiana, Minggu 9 Juli 2023. 

Sebanyak 12 Ibu dan 9 Balita hadir dalam seminar Genting yang diadakan di Aula Serbaguna Cijahe Legacy RW 01. Acara ini diawali dengan pembukaan MC oleh Juliana Sormin dan Dwi Saputra. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ketua Kelompok KKN-T Inovasi, Perwakilan Kader RW 01 yaitu Ibu Dedeh, dan Lurah Curug Mekar yaitu Bapak Yudi Cundiana S.H, M.A yang sekaligus membuka acara. Kemudian dilanjut dengan materi dan tanya jawab.

Narasumber yang memaparkan materi terkait pencegahan stunting adalah Dr. Yulina Eva Riany. Beliau merupakan dosen di departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB University. Peserta seminar diberikan materi berupa dampak stunting, konsep penanggulangan stunting, serta prinsip keamanan pangan menu balita. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting pada masa pertumbuhan anak sehingga anak dapat berprestasi. 

Peserta seminar tampak antusias merespon pertanyaan seputar Makanan Pendamping Asi (MPASI) dari narasumber sehingga terjadi komunikasi dua arah yang sangat efektif. Selain itu, tim KKN-T Inovasi juga menyiapkan doorprize bagi peserta yang aktif. Acara ini diakhiri oleh foto bersama dan pembagian MPASI yaitu kacang hijau kepada peserta seminar. 

Di sisi lain, Ketua RW 02 Kelurahan Curug Mekar, Bapak Holid mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. 

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan ini yang diselenggarakan dari mahasiswa IPB. Dengan adanya pertemuan ini, semoga ilmunya dapat diterapkan dari sekarang sampai seterusnya. Terima kasih sebesar-besarnya untuk mahasiswa IPB. Sukses selalu untuk program kerja yang lain,” ungkapnya.  

Selain itu, Kader Posyandu RW 01, Ibu Dedeh juga mengapresiasi atas terselenggaranya seminar ini. 

“Terima kasih banyak mahasiswa IPB. Semoga dengan adanya seminar ini, ibu-ibu menjadi lebih baik dalam mengurus anak-anaknya sehingga dapat mengurangi angka stunting yang ada di Kelurahan Curug Mekar,” ucapnya.

Ia berharap, mahasiswa semakin kontributif dan memberikan dampak nyata bagi kelurahan Curug Mekar sehingga angka stunting dapat ditekan menjadi 0%.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed