oleh

Mahasiswa KKNTI IPB Buat Gerakan Cinta Lingkungan di Desa Jejeg Tegal

TEGAL, KAPERNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKNTI) IPB University melakukan Gerakan Cinta Lingkungan di Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Minggu (9/7/2023) . Kegiatna ini berupa gerakan pembersihan sunga Kali Diang yang berkolaborasi dengan pemuda Gelora (Generasi Legokmeno Berkarya).

Gerakan tersebut merupakan gerakan bersih sungai sebagai bentuk kepedulian mahasiswa KKNTI IPB terhadap keberlangsungan lingkungan di Desa Jejeg. Inisiatif yang melibatkan partisipasi masyarakat desa Jejeg dalam membersihkan dan menjaga kebersihan sekitar sungai Kali Diang terutama dalam hal pembuangan sampah.

Tujuannya adalah untuk melindungi sumber daya air dan ekosistem sungai yang penting bagi kehidupan manusia dan keberlanjutan lingkungan. Gerakan ini mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan sungai serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya sungai yang bersih dan sehat.

Gerakan membersihkan sungai dilakukan dengan membersihkan sampah di area sungai Kali Diang dengan rute pembersihan terakhir di Jembatan Legokmeno. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Minggu, 9 Juli 2023 yang dimulai dari jam 09.00 sampai jam 12.00. Peralatan yang digunakan yaitu sarung tangan plastik dan trashbag besar.

Pembersihan sungai dilakukan dengan cara memungut sampah yang ada di sekitaran sungai. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa KKN, perwakilan anggota Gelora, anak-anak madrasah Legokmeno dan masyarakat Legokmeno yang berkenan membantu.

Setelah itu, sampah-sampah hasil pembersihan dibuang ke pembuangan akhir desa yang berada di depan Makam Kebonjambe, Jejeg. Pemberian Plang di titik terjangkau tentang larangan buang sampah dan dan buang air dilakukan setelah kegiatan selesai bersama warga Legokmeno

“Kegiatan bersih sungai menurut saya sangat penting untuk digalakan, terlebih lagi untuk sungai yang notabennya menjadi tempat pembuangan sampah dadakan warga sekitar seperti di Sungai Diang, Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal,” kata Eryani, Ketua koordinator KKNTI IPB Desa Jejeg dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

“Kegiatan bersih sungai ini menjadi langkah awal untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat Desa Jejeg dalam mencintai lingkungan, serta menjadi salah satu kegiatan membangun kebersamaan dan membangkitkan kembali rasa gotong royong masyarakat desa” tuturnya dengan penuh antusias selesai kegiatan dilaksanakan,” lanjutnya.

Kelanjutan program Gerakan Cinta Lingkungan di Desa Jejeg KKNTI IPB akan dilaksanakannya pemberian tempat sampah organik dan anorganik di setiap RW Desa Jejeg untuk tindakan lanjutan keberlangsungan program Gerakan Cinta Lingkungan di Desa Jejeg. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed