oleh

Sosialisasi Tumpeng Gizi Seimbang kepada Kader PKK Desa Reban

BATANG, KAPERNEWS.COM – Salah satu kelompok KKN-T Inovasi (KKNT-TI) IPB 2023 ditempatkan di Desa Reban, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang yang beranggotakan Bagas Andhika Pramudya (Teknologi Hasil Ternak) sebagai koordinator kabupaten, Mohammad Akbar Fachtur Rohman (Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat) sebagai koordinator desa, Ayu Hapsari (Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan), Widyadhari Juniza Herdianti (Teknologi Hasil Ternak), Tarisa Fadila (Teknik Mesin dan Biosistem), Rian Aryat Pratama (Biologi), Muhammad Farhan (Matematika), Karen Helambang (Matematika), Hana Putri Pertiwi (Manajemen), dan Angelia Adnin Widodo (Ekonomi Sumberdaya Lingkungan), dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapang yaitu Dr. Ir. Achmad Farajallah, M.Si..

Pada tanggal 13 Juli 2023, kelompok KKN-TI IPB University mengikuti pertemuan rutin kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RT 06 Desa Reban yang diadakan setiap tanggal 13. PKK adalah salah satu lembaga kemasyarakatan yang disebutkan secara tegas di dalam UU Desa. PKK bertugas membantu Pemerintah Desa dan merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat desa. Secara umum, tentunya tidak asing dengan sebutan ibu-ibu PKK. Istilah ini sudah luas dan biasanya merujuk pada pergaulan para ibu dengan aktivitas positif.

Dalam acara yang diadakan di rumah ketua RT 06, kelompok KKN-TI tersebut berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK Desa Reban dalam kegiatan sosialisasi tentang Tumpeng Gizi Seimbang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK tentang pentingnya kandungan gizi dan porsi yang dianjurkan dalam mengkonsumsi makanan setiap harinya. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Lin Ningsih, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan mars PKK bersama-sama dan sambutan yang dilakukan oleh Ibu Hj. Emi Djuriah. 

Hj. Emi Djuriah, dalam sambutannya mengapresiasi upaya kelompok KKN-TI tersebut dalam melakukan sosialisasi ini. Beliau berharap pengetahuan dan informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi ibu-ibu PKK dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa KKN-TI diharapkan mendapat pengalaman dan bisa berbaur dengan masyarakat desa.

Setelah sambutan, dilanjutkan pemaparan materi oleh kelompok KKN-TI. Materi yang dibahas, yaitu tumpeng gizi seimbang, isi piringku, 10 pesan gizi seimbang, dan bekal sehat berdasarkan tumpeng gizi seimbang. Selama pemaparan materi, kelompok KKN-TI menyajikan materi visual dan contoh kasus untuk memperkuat pemahaman para peserta. Kelompok KKN-TI juga menyediakan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, dimana ibu-ibu PKK dapat berbagi pengalaman dan mengajukan pertanyaan terkait topik yang dibahas. Kegiatan ditutup dengan doa bersama, salam-salaman, dan dokumentasi bersama. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed