oleh

Gerakkan Sinergi Aksi Lingkungan, Mahasiswa IPB Bersama DMC Dompet Dhuafa Tanam 1.000 Mangrove di Pantai Bahagia

BEKASI, KAPERNEWS.COM – Kegiatan menanam mangrove ini dilaksanakan pada Selasa, 1 Agustus 2023 dengan bertemakan “Mangrove Lestari, Ciptakan Bumi Berseri”. Mangrove merupakan Hutan bakau (bahasa Inggris: mangrove) adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Hutan ini memiliki fungsi yang sangat menguntungkan baik alam baik fisik, biologi dan ekonomi. Keadaan global saat ini yang meningkatnya pemanasan global menggugah kita untuk melakukan salah satu tindak pencegahan dengan menanam mangrove.

Keberadaan hutan mangrove sangat vital dalam menjaga dan mencegah Bumi dari dampak perubahan iklim, selain pemanasan global. Manfaat hutan mangrove yang lain seperti menjaga iklim dan cuaca, wisata, sumber pakan ternak, mencegah abrasi kawasan pesisir, tempat berlabuh pantai hingga pengembangan ilmu pengetahuan.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi kolaborasi antara seluruh elemen Mahasiswa, warga, dan Lembaga Swadaya Masyarakat di wilayah Jakarta. Koordinator Fornassosmas BEM se-Indonesia wilayah IV Latif Hidayatul Ikhsan mengatakan bahwa pemuda harus perperan aktif dan terus jangan sampai bumi yang dinantikan ditinggali bersama anak cucu terasa kurang nyaman atau rusak

“Maka dari itu mari saling mengajak kebaikan dalam menjaga lingkungan, minimalnya menjaga lingkungan dari sampah,” ajaknya.

Suwarna selaku warga desa muara gembong, Bekasi mengaku sangat menyambut kegiatan mahasiswa lainnya dalam penanaman mangrove atau pemberdayaan lain.

“Kami sangat bersyukur kita saling menjaga bumi kita ini bumi pertiwi yang kita cintai bersama,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed