oleh

Giri Makmur Wakili Malangbong, Lomba Desa Tingkat Kabupaten

GARUT, KAPERNEWS.COM – Sebagai upaya dan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, dengan berdasar pada Permendagri Nomir 81 tahun 2015 Lomba Desa yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut yang mana di ikuti oleh 41 Desa, Desa Giri Makmur adalah salah satu perwakilan dari Kecamatan Malangbong untuk mengikuti Lomba desa berprestasi tingkat kabupaten Garut.

Lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan, bertempat di Aula desa Girimakmur Senin 12/03.

Hadir dalam lomba desa tersebut, Danramil Malangbong Kapten Infrantri Ade Army Barkah, Sutisna, Kanit Binmas perwakilan Polsek, para Kepala Desa Sekecamatan Malangbong, ibu ibu PKK, Kanit Intel Asep Sukirman SH, Babinsa, Kepala Sekolah SMPN 2 Malangbong Tita R, LPM, BPD, unsur Masyarakat dan para tamu undangan.

Asep Jaelani S.Pd. M.Pd Selaku Sekdis DPMD juga sebagai ketua tim penilai dalam sambutannya memaparkan, dalam rangka peningkatan pemberdayaan masyarakat, sesusai dengan permendagri no 81 tahun 2015 maka digelar lomba desa dan kelurahan sebagai evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dengan maksud untuk, menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa dan kelurahan serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, juga untuk mengetahui tingkatkesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai nilai pancasila.

“Melalui lomba ini Pemerintah kabupaten Garut akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa, terutama terhadap usaha pemerintah desa dalam memajukan dan memberdayakan warganya, salah satunya sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu,” papar Asep Jaelani.

Adapun Indikator penilaiannya meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan, kesejahteraan keluarga dan agrowisata .

Tim Penilai melanjutkan dengan penilaian sesuai indikator penting seperti, seleksi administrasi, seleksi presentasi dan kunjungan lapangan.

Pemenang lomba desa ini nantinya akan mewakili Kabupaten Garut untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

Solehudin Rais S.Sos, sekalu Kepala Desa Girimakmur menuturkan, dengan adanya lomba desa ini mudah-mudahan lebih maju terutama dalam bidang ekonomi dan adminstrasi sesuai dengan regulasi pemerintah dan untuk memotivasi desa-desa yang lain untuk lebih maju lagi dalam berbagai hal.

“Juga untuk memacu kinerja perangkat desa yang ada di bawah naungan kepala desa,” jelasnya.

Team penilai Lomba desa Kabupaten Garut dengan ketua Asep Jaelani, S.Pd.M.Pd, Secretaris, Linda Hastuti, hj Mien Suminar S.Pd, (PKK), Dra. Ika Kartarineka (disdik), Ade Rohimat, S. Kep Ners. dan Fiki Rusnandar (dinkes)

Laporan : RIYADI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed